P. Raya

Soalsoalisasi Ikrar Dalam Pemilu Bagi Pelajar SMA, SMK, SLB Se-Kalteng.

PALANGKA RAYA - Sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu bagi Pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalimantan Tengah pada pagi hari ini, dilaksanakan di SMAN 2 Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Senin(12/2/2024).

Sambutan dan Arahan  Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran yang disampaikan  oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalteng H. Edy Pratowo mengatakan, 2 hari lagi, yakni pada Rabu, 14 Februari 2024 Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar di seluruh tanah air, termasuk di Provinsi Kalteng, di mana kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif DPR-DPD RI dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.Pemilu. Ini adalah Pesta Demokrasi yang sangat penting, yang menentukan arah kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan sosialisasi ini agar mendorong meningkatnya partisipasi politik, sekaligus sebagai bagian dari proses pembelajaran tentang makna kebebasan dalam berdemokrasi dengan bingkai NKRI. Oleh karena itu, wagub mengajak kita semua, khususnya pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Tengah yang telah berusia 17 tahun ke atas sebagai Pemilih Pemula, Jangan Golput.

“Pada tanggal 14 Februari nanti, ayo kita datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), gunakan Hak Pilih kita sesuai dengan hati nurani masing-masing. Suara kita, Masa Depan Bangsa,"Jelasnya.

Meski belum memiliki E-KTP, pelajar SMA/SMK/SLB masih tetap bisa menggunakan Hak Suara, asalkan sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, yang bisa dilihat atau dicek secara online/daring.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini nanti, anak-anakku para pelajar semua akan diajarkan oleh narasumber dari KPU, bagaimana mengecek sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum beserta TPS dan lokasinya, melalui DPT Online,"tuturnya.

Lanjut wagub, perlu juga diperhatikan terutama oleh KPU Provinsi Kalteng, apabila nanti ada anak-anak kita ini yang berusia 17 tahun namun belum tercatat dalam DPT Pemilu 2024, untuk difasilitasi dan dicarikan solusi, jangan sampai mereka kehilangan Hak Pilihnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Wakil Gubernur Provinsi Kalteng, Plt. Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng M. Reza Prabowo, KPU Provinsi Kalteng Bidang SDM Harmaen, Hadir pula secara daring Kepala Sekolah bersama guru dan siswa/siswi SMA/SMK/SLB Se-Kalimantan Tengah.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments