Katingan

2023, Infrastruktur Daerah Selatan Dibuka

KATINGAN – Eterly, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Katingan  mengatakan, akses jalan dari Kereng Pakahi, Kecamatan Kamipang menuju Pagatan, Katingan Kuala rencananya bisa dibuka pada tahun 2023.

Semoga apa yang sudah diprogramkan pemerintah, dapat direalisasikan, karena dengan terbukanya akses jalan, ekonomi masyarakat pasti tumbuh,” ungkap, Eterly, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, pada tahun ini pemerintah kabupaten setempat fokus melakukan pembangunan jalan dari Kereng Pakahi hingga desa Galinggang. Jalan ini diperkirakan mencapai tujuh kilometer dan pembebasan lahan jalan diperkirakan mencapai delapan kilometer yang berada pada areal hutan lindung.

“Ruas jalan itu nantinya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Bahkan, jalan tersebut sudah lama dinantikan oleh warga,” katanya.

Politisi Partai Nasdem ini juga tetap menyuarakan jalan ke wilayah selatan ini ketika reses bahkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten.

“Pembangunan jalan ini mendapatkan kucuran anggaran yang bersumber dari APBD kabupaten dan sudah tersedia pada tahun 2022. Besaran anggaran yang sudah disiapkan untuk membangun jalan itu mencapai tujuan tujuh miliar rupiah,” tandasnya.

“Sejauh ini, SOPD terkait sudah melaksanakan perencanaan bersama konsultan dalam melaksanakan pengadaan,” ujarnya.

Diakuinya, memang ada perusahaan besar swasta yang terlibat dalam membangun badan jalan. Namun, terputus sepanjang delapan kilometer karena melintasi hutan lindung.

“Kami tetap mendorong supaya penyelesaiannya selesai dan jalan bisa berfungsi pada tahun mendatang,” tandasnya.

(Nofriyanto).

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments