P. Raya

Agus Siswadi Menjelaskan Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

PALANGKA RAYA - Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas PPID di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng dan Kab/kota, bertempat di Aula Kanderang Tingang Diskominfosantik Provinsin Kalteng, Jumat (15/3/2024).

Sambutan Sekda Provinsi Kalteng yang dibacakan oleh Kadis kominfosantik Provinsi  Kalteng Agus Siswadi menyampaikan, bahwa salah satu urgensi pentingnya keterbukaan informasi publik adalah untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat, dalam proses pengambilan kebijakan publik. 

Pembuatan kebijakan yang dilakukan secara inklusif dengan melibatkan masyarakat diharapkan dapat menciptakan mekanisme Check and Balance, sehingga kebijakan publik yang tepat sasaran dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dapat terwujud.

Dikatakannya, dengan adanya keterbukaan informasi publik, masyarakat dapat semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik, mulai dari perencanaan hingga evaluasi kebijakan.

Diharapkan dengan membuka akses publik terhadap informasi, Badan Publik termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyat yang sebaik-baiknya” ucap Kadiskominfo.

Selain itu, dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka sebagai upaya strategis mencegah praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), dan terciptanya kepemimpinan yang baik” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, berdasarkan penilaian dari Komisi Informasi Pusat, pada tahun 2023 pelaksanaan keterbukaan informasi publik sudah menunjukkan hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dimana Provinsi Kalimantan Tengah mendapat predikat Informatif.

“Hal ini hendaknya tidak membuat kita puas sampai di sini saja, namun menjadi pemacu untuk selalu dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan kualitas pelayanan informasi melalui peningkatan kapasitas pengelola informasi dan dokumentasi seperti yang dilaksanakan saat ini” tutur Agus.

Kegiatan ini dihadiri,  Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi KI Pusat RI Rospita Vici Paulyn dan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Samrotunnajah Ismail.

Wakil Ketua KI Kalteng Linggarjati, Komisioner KI Kalteng Ngismatul Choiriyah, Anita Fransiska, Katriana, dan peserta Bimtek dari PPID Pelaksana Provinsi Kalteng dan PPID Utama Kabupaten/Kota se Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments