P. Pisau

Antisipasi Kekeringan Di Lahan Food Estate

PULANG PISAU -  Untuk mengantisipasi musim kemarau tahun 2021 pemkab Pulang Pisau,melalui dinas pertanian salurkan 50 unit pompa air di lokasi food estate.

Demikian disampaikan Kepala dinas pertanian dan peternakan kabupaten Pulang Pisau Selamet Untung Riyato kepada awak media humabetang di lokasi food estate desa Belanti Siam kecamatan Padih Batu kabupaten Pulang Pisau 6/5/2021.

"Sampai saat ini lokasi persawahan di lokasi food estate meliputi 6 desa di kecamatan Maliku dan Pandih Batu yaitu desa Tahai Jaya, desa Tahai Baru, desa Sanggang, desa Pantik, desa Belanti Siam dan desa Gadabung masih cukup untuk kebutuhan air bagi petani.” Ujarnya

Ditambahkan Selamet, air pasang masih bisa masuk ke lahan persawahan,kita cek langsung ke lokasi, saluran saluran primer, sekunder masih berfungsi dengan baik. 

Memang ada beberapa lokasi yg tidak tergenang oleh air pasang karena memang lahan tersebut termasuk lahan yang tergolong tinggi dan lokasinya di ujung, tetapi untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah telah menyalurkan 50 unit pompa air, sehingga masalah kekeringan bisa teratasi.

Karidi, salah satu petani di desa belanti siam juga menjelaskan, "Sawah di desa kami masih sangat cukup untuk kebutuhan air. Apabila ada sawah yang kering itu bukan berarti kekurangan air tetapi karena petani tidak membuka saluran air. Karena sistim tanam tabur benih langsung (tabela) petani pasti mengeringkan lahanya sampai satu minggu setelah tabur. Nanti setelah tanaman berumur satu minggu petani baru mengalirkan air ke persawahannya.” Jelasnya.

 

(Sadiyo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments