Kalteng

Arus Deras Menjadi Kendala Pengangkatan Bangkai Kapal

PANGKALAN BUN - Sudah 3 bulan bangkai kapal satya kencana 3, yang mengalami musibah, karam di depan dipelabuhan, panglima utar kumai, pada Rabu 19 Oktober 2022, Hingga 19 Januari 2023, belum terangkat kepermukaan. Bahkan upaya yang dilakukan pt.three g diving, dua kali gagal mengangkat, kapal dari dasar sungai di perairan kumai.

Kepala ksop kumai saat dikonfirmasi, mengatakan semua yang sudah, dijadwalkan pihak PT.dharma lautan utama, sebagai pemilik kapal, yang mempecayakan kepada pt. Three g diving, yang meyakini  sebelum natal, dan tahun baru, kapal sudah terangkat,

Namun pada kenyataannya, sampai sekarang bangkai kapal sedikit pun, tidak bergeser dari tempatnya, dengan alasan terkendala arus deras. Diharapkan sebelum lebaran, bangkai kapal sudah dapat dipindahkan, karena akan menggangu, kapal penumpang lainnya.

Menurut Abdul Halik, upaya yang dilakukan sekarang ini mengge-ser, bagian belakang kapal dengan cara, ditarik secara manual agar posisi, kapal bisa mendekati pelabuhan, dan berusaha menghindari arus deras, bawah sungai dan berjanji, hari senin atau selasa depan kapal sudah, terapung kepermukaan, seperti kapal-kapal lainnya.

Faktor dua kali mengalami kegagalan, menurut Abdul Halik , bersama tim three g diving, melakukan pergeseran kapal dengan, mela wan arus yang berkecepatan, 3’8 mil perjam setara kecepatan kapal, takbout penarik tongkang batu bara, sehingga kapal sempat rebah, kekiri, dan kekanan. Untuk membantu pengapungan kapal kepermukaan, ratusan tong air telah disiapkan.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments