Nasional

Bangganya Ganjar pada Arbi, Putra Purworejo Juarai Junior GP Catalunya

SEMARANG - Betapa bangganya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu Fadillah Arbi Aditama, Kamis (20/7/2023) petang. Bagaimana tidak, putra asli Purworejo itu baru saja berhasil meraih podium pertama dalam gelaran Eropa FIM Junior GP Barcelona kelas Moto3.

Ganjar yang baru saja tiba usai berkegiatan di Solo, mengenang pertemuan pertamanya kala Arbi merintis karier internasionalnya. Kini, perjumpaan tak kalah membanggakan karena Arbi membawa serta piala yang didapatnya di Spanyol, pada Minggu (16/7) lalu.

“Ingat banget dulu kamu masih kecil, SMP ya waktu itu. Wah HP saya kemarin banjir dikirimi pesan dari tetangga di Purworejo,” ucap Ganjar saat kembali bertemu Arbi, Kamis (20/7/2023) petang.

Kala itu sekira tiga tahun yang lalu, Ganjar mengundang Arbi secara khusus ke rumah jabatannya di Semarang. Sesaat sebelum berlaga di Asia Talent Cup tahun 2020.

Banyak hal diperbincangkan Ganjar dan Arbi pada petang itu. Mulai dari perasaan saat balapan, lawan terberat, jumlah pebalap yang bertanding hingga persiapan Arbi untuk race berikutnya.

“Kalau lawan paling berat dari Spanyol dan Itali. Arbi termasuknya nggak diperhitungkan karena start race di belakang dan jarang bisa ke depan,” ucap pelajar SMAN 1 Purworejo tersebut.

“Terus gimana ceritanya sampai akhirnya bisa juara gitu. Pasti ngebut banget ya,” kata Ganjar tertawa.

“Waktu race itu yakin dan percaya diri sama motor dan tim jadi bisa (juara),” sahut Arbi.

Ganjar mengaku kagum saat melihat cuplikan kemenangan Arbi pada race tersebut. Menurutnya, mental juara sudah terlihat saat putra pasangan Roby Yuda dan Anggi Putri itu naik podium.

“Tentu saja saya ikut senang bangga, saya browsing di beberapa tempat dan dikirimi sama keluarganya Arbi dan saya posting di IG saya dan kita bangga betul,” usai pertemuan.

Ganjar juga bangga mendengar Arbi yang ternyata tak diperhitungkan, justru mampu membuktikan sebaliknya. Gubernur Jateng dua periode itu berharap Arbi bisa menginspirasi remaja lainnya.

“Jadi yang sama sekali tidak diperhitungkan dia, kemudian dengan percaya diri yang sangat tinggi, akhirnya didapatkan piala yang sangat bergengsi Junior GP dan bisa naik pada saat naik kelihatan banget mental juaranya dari Arbi. Ini menginspirasi anak-anak muda, ada ketekunan ada kesungguhan,” tegasnya.

Pesan Ganjar pada Arbi agar kemenangan ini menjadi pemicu semangat. Ganjar yakin dari race tersebut Arbi sudah bisa membaca dan merasakan bagaimana kondisinya sehingga di race berikutnya lebih siap dan bisa juara lagi.

“Kemenangan pertama ini menjadi satu semangat, karena pasti secara teknis dia sudah tahu perasaan dia mengikuti lomba itu dan tentu pada race berikutnya, mentalnya sudah mental juara. Hati-hati, cermat, presisi, juara dan pesannya ini baru permulaan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Arbi berterima kasih atas dukungan dan perhatian yang diberikan Ganjar. Arbi berharap dapat mengulang kebanggaan mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di kancah internasional. Serta mengharumkan nama Jawa Tengah, khususnya Purworejo.

“Ya ini baru permulaan saja Arbi harap ke depannya seperti yang Pak Gubernur katakan bisa mendapatkan banyak prestasi lagi juara lagi dan terus semangat dan latihan terus,” ucapnya.

Arbi saat ini sedang libur musim panas dan akan kembali mengikuti race pada Agustus dan September mendatang. Arbi berharap prestasinya ini menginspirasi anak muda penghobi balap untuk mengikuti jejaknya.

“Arbi sering lihat banyak anak-anak di jalan pada kebut-kebutan mending ikut Arbi aja ke sirkuit yang lebih safety dan lebih aman tentunya nggak mengganggu pengguna lalu lintas lainnya,” tandas Arbi.


(Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments