Kalteng

Banjir di Katingan Dimanfaatkan Warga Kasongan Mencari Ikan

KASONGAN  - Bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Katingan hampir dua pekan terakhir tidak sepenuhnya menyebabkan warga kesulitan usaha, pasalnya, sebagian warga malah dapat mengais rezeki dari bencana banjir ini dengan mencari ikan. Seperti pada Rabu,1 September 2021 hari ini, puluhan warga Kasongan dan sekitarnya ramai-ramai menangkap ikan, baik di anak Sungai Katingan,  parit yang meluap maupun di pekarangan  atau areal lahan yang kebanjiran. 

Misalnya di tepi Jalan Trans Kalimantan arah Kasongan - Kereng Pangi Km 1 tepatnya di sekitar bangunan box culvert atau gorong-gorong. Puluhan warga ramai-ramai menamgkap ikan dengan beberapa alat tangkap, seperti rengge, jala, pasat, buwu dan lainnya. 

Selain ikan jenis seluang dan banta, warga juga dapat menangkap jenis ikan lainnya,  seperti biawan,  sepat,  kapar,  dan udang dan lainya. Menurut pengakuan warga, mereka menangkap ikan saat banjir selain sebagai hoby dan hiburan, juga untuk dikonsumsi bahkan dijual kepada warga lainnya. 

Bahkan tidak jarang warga membeli langsung ikan di tempat ini, terutama jenis seluang. "Selain warga Kasongan, banyak juga warga luar daerah yang mau ke Sampit atau Palangka Raya singgah untuk beli ikan hasil tangkapan di sini, " kata Rudi,  salah seorang warga yang ikut memasang rengge. 

"Kalau ikan seluang yang sudah dibersihkan kita jual Rp 40 ribu per kilogram,  yang belum dibersihkan Rp 30 ribu per kilogramnya,  tapi kalau jenis ikan lainnya lebih murah, " timpal Titi,  pencari ikan lainnya. Dari pantauan, tidak hanya di Km 1 Kasongan - Kereng Pangi warga banyak mencari ikan ini, namun juga di Km 2, 4 dan 5 hingga ke wilayah Desa Banut Kalanaan dan Desa Telangkah juga ramai warga mencari ikan ini.


(Didit)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments