Katingan

Bantuan Ternak, Bupati dan DPRD Provinsi Silang Pendapat

KATINGAN – Bupati Kabupaten Katingan, secara tegas menolak bantuan ternak yang disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah yang ikut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Katingan.
Menurut Sakariyas, selama ini, kelompok tani di Kabupaten Katingan, telah banyak menerima bantuan ternak sapi, kenyataannya ternak-ternak tersebut tidak meninggalkan jejak.

“Coba aja cari kelompok-kelompok penerima bantuan ternak, sapi, ikan, babi, itu tidak kelihatan, sapi aja tulang-tulangnya saja tidak kelihatan, apalagi tanduknya. Jadi untuk bantuan ternak, saya tidak sependapat,” Ungkap Bupati Sakariyas, saat membuka giat Musrenbang Kabupaten di Aula Bappellitbang, Senin (21/3/2022). 

Bagi Sakariyas, dibandingkan dengan infrastruktur, tentu manfaatnya jauh lebih di butuhkan masyarakat dibanding ternak.

“Lebih baik kita di bantu infrastruktur jalan, karena terbangunnya jalan, akan berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,” Katanya. 
Menanggapi pernyataan Bupati Katingan tersebut, Duwel Rawing, anggota DPRD Provinsi mengatakan, harus di evaluasi, apakah masyarakat tidak membutuhkan atau pemerintah selaku pemberi bantuan perlu melakukan intervensi lebih jauh dengan membuat program pendampingan, pasalnya kegagalan masyarakat dalam peternakan disebabkan karena kurangnya pendampingan.

“Tentu ini perlu dilakukan evaluasi, dan intervensi dari pemerintah, seperti melakukan program pendampingan secara kontinu,” Katanya. 

Diakui mantan Bupati Katingan dua periode, Duwel Rawing, kebutuhan daging di Katingan bahkan Kalimantan Tengah, cukup tinggi, sehingga harus dipasok dari luar daerah.

“Berbicara daging, permintaan pasar cukup tinggi, sehingga pemerintah mengupayakan melalui bantuan ternak sapi, termasuk untuk mendukung usaha pertanian masyarakat,” Tandasnya. 


(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments