Kalteng

Bumdes Bisa Jadi Penggerak Perekonomian di Pedesaan 

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun

 

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengharapkan peningkatan perekonomian di wilayah pedesaan dengan mengaktifkan berbagai komponen pendukung, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yangakan dikelola oleh desa itu sendiri secara mandiri.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Masfuatun mengatakan pihaknya terus mendorong seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Kabupaten Seruyan agar bisa  membentuk  BUMdes untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.

“Kami minta pihak desa harus bisa membentuk BUMDes dan  kalau sudah ada harus dikelola dengan maksimal dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, disamping itu juga karena dengan adanya BUMDes natinya bisa mengelola Dana Desa sebagi modal untuk peningkatan perekonomian di wilayah desanya masing-masing” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Kamis (03/02/2022).

Dia mengatakan, bahwa peran BUMDes sangat berpengaruh besar pada kemajuan sektor ekonomi warga khususnya di tingkat desa. Dengan adanya hal tersebut setiap potensi ataupun produk-produk hasil industri masyarakat dapat ditampung dan dikelola bersama, sehingga masyarakat di desa bisa terbantu dalam pemasaran dan ada pihak yang akan menampung dari berbagai usaha yang di buat masyarakat desa itu sendiri.

“ Saya berharap agar pengelolaan BUMDes bisa ditingkatkan, karena banyak keuntungan yang didapat baik itu masyarakat desa dan pihak pemerintah desa itu sendiri, dan secara otomatis desa akan mendapatkan atau bisa meningkatkan Pendapatan asli desa sebagai modal untuk membangun dan memajukan desanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa selama ini masih banyak desa di Seruyan yang belum memilik BUMDes, bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa banyak desa tampak kesulitan mencari sektor apa yang bisa dikembangkan untuk menjadi usaha tersebut, makanya peran dari sosok kepala desa juga dalam hal ini sangat diperlukan dalam pengelolaan BUMDes, diperlukan kreatifitas dan berbagai inovasi baru untuk bisa meningkatkan penghasilan masarakat desanya. Sehingga dapat mengakat perekonomian di wilyahnya masing-masing.

 

(Giya/Altius) 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments