P. Pisau

BUMDes diminta DPMD Pulpis Kembangkan Potensi Destinasi Wisata Desa

PULANG PISAU - Dalam upaya mengoptimalkan potensi di desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pulang Pisau akan mendorong Badan Usaha Milik Desa untuk mengembangkan destinasi wisata. Potensi tersebut khususnya terdapat di Desa Cemantan dan Desa Kiapak di Kecamatan Kahayan Kuala.

Andrianto selaku Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Pulang Pisau, menjelaskan bahwa terdapat berbagai potensi destinasi wisata di beberapa desa, di antaranya adalah Desa Kiapak yang memiliki destinasi wisata "Si Mangki" yang menawarkan pengalaman hamparan pohon mangrove. Sementara itu, Desa Cemantan menawarkan wisata pantai yang menarik.

Andrianto mengungkapan pada awak media Senin 08/05/2023, "Potensi destinasi wisata tersebar di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah, Sebangau Kuala, dan Banama Tingang," ungkapnya.

DPMD berusaha mendorong peran BUMDes dalam mengelola destinasi wisata ini, sesuai dengan fungsinya dan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Koordinasi antara DPMD dan Disbudpar telah dimulai sejak Januari lalu.

Andrianto menjelaskan bahwa BUMDes memiliki peran penting dalam mengelola destinasi wisata, seperti dalam bidang jasa, kuliner, produk sembako, kerajinan tangan, dan lainnya.

"Jika rencana ini berhasil dijalankan, tidak hanya akan meningkatkan perekonomian BUMDes, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat," tandasnya.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments