Barut

Bupati H. Nadalsyah Tanam Perdana Kelapa Sawit Di Desa Tawan Jaya

MUARA TEWEH - Program tanam perdana kelapa sawit telah dilaksanakan di Desa Tawan Jaya, Kecamatan Teweh Selatan,  Selasa (1/3/2022).

Dalam tanam perdana kelapa sawit langsung bersama Bupati H. Nadalsyah berserta unsur Forkopimda, sekaligus temu wicara dengan warga Tawan Jaya. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Syahmiludin mengatakan, Program Reflanting sawit merupakan program pemerintah pusat. Dimana setiap hektarnya mendapat bantuan sebesar Rp 30 juta. 

Menurut Sahmiludin mengatakan,  program peremajaan sawit yaitu melakukan penanaman di lahan yang pohon sawitnya tidak produktif lagi. Atau sudah diatas usia 20 tahun. 

Menurutnya,  program peremajaan sawit dilaksanakan oleh empat Koperasi di Di Kecamatan Teweh Selatan. Program ini tidak lain untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi petani. 

"Jadi kita dapat melihat secara langsung pohon yang sudah tua dan tidak produktif lagi,  dan saat ini sudah mulai kita tebang untuk peremajaan, "kata Sahmiludin. 

Bupati H. Nadalsyah dalam kesempatan juga melakukan temu wicara bersama warga setempat dimana dalam diskusi mengenai peremajaan sawit. 

Menurut Nadalsyah,  peremajaan sawit tidak lain untuk meningkatkan pendapatan para petani. Apalagi sawit yang ditanam nantinya empat tahun sudah berbuah. 

Nadalsyah juga menyambut gembira dengan harga yang sekarang bila dibanding dengan tahun sebelumnya. 

"Saya minta agar tanaman yang sudah ada dipelihara dengan baik. Dan hendaknya pula jangan ketergantungan dengan pemerintah, "katanya. 

Para petani juga minta bantuan pupuk, karena untuk reflanting hanya penanaman saja sedangkan pupuk tidak. Oleh karena itu,  warga agar masalah pupuk diberikan kemudahan. 


(Syarbaini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments