P. Raya

Capaian Kepemimpinan Fairid-Umi di 63 Tahun Kota Cantik

Kota Cantik Palangka Raya Tanggal 17 Juli tepat berusia 63 tahun. Saat ini dipimpin oleh Wali Kota Fairid Naparin dan Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah.

 

Dalam 2 tahun kepemimpinannya Fairid dan Umi mencanangkan visi mewujudkan Kota Palangka Raya yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua Ada pun misi keduanya adalah mewujudkan kemajuan dengan lingkungan cerdas, kerukunan dengan masyarakat cerdas serta kesejahteraan rakyat dengan ekonomi cerdas telah terwujud dalam sejumlah program unggulan dan capaian.

 

Pada capaian pembangunan, pertumbuhan ekonomi Kota Palangka Raya pada tahun 2019 mengalami kenaikan 0,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut melebihi pertumbuhan ekonomi Kalteng yang berada di angka 6,16 persen dan Indonesia yang berada di angka 5,02 persen. Kemudian untuk pendapatan per kapita naik sebesar 6,52 dari tahun 2017. Lalu tingkat pengangguran terbuka, pada 2019 turun sebesar 0,03 persen dari tahun sebelumnya.

 

Sementara itu pada  indeks pembangunan manusia (IPM), di tahun 2019 lalu mencapai angka 80,77. Melebihi IPM Provinsi Kalteng yang berada di angka 70,91 dan Indonesia di angka 71,92 pada tahun yang sama.

Pelayanan public juga meningkat tersebar di 5 kecamatan dan 30 kelurahan. dan diseluruh badan serta instansi didalam lingkungan Pemerintahan Kota Palangka Raya.

 

Pada tema pembangunan yang selaras RPJMD berlangsung variatif, diantaranya untuk mewujudkan kemajuan kota dengan lingkungan cerdas (smart environment). Pembangunan infrastruktur berupa jalan kota mencapai 57,19 kilometer.

(HB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments