Barsel

Cara Pemkab Barsel Kendalikan Inflasi dengan Pasar Murah

BUNTOK – Dalam upaya mengendalikan inflasi, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, melaksanakan pasar murah atau pasar penyeimbang. Sekda Barsel, Eddy Purwanto mengatakan, pasar murah ini menindaklanjuti arahan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam upaya mengendalikan inflasi, Rabu 5 Oktober 2022.

Dalam kegiatan pasar murah ini, pihaknya menyediakan paket sembako yang terdiri dari lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng dengan harga tebus Rp50 ribu per paket sembako. Disamping paket sembako lanjut dia, pihaknya juga menyediakan telur ayam ras dengan harga tebus Rp1.500 per butir dan bawang merah dengan harga Rp13 ribu per 500 gramnya.

Eddy berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, inflasi yang ada di Kalimantan Tengah khususnya di Barito Selatan bisa dikendalikan dan masyarakat bisa tetap kuat menghadapi kondisi seperti ini. Pada kesempatan itu, Eddy Purwanto juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi kondisi ini.  

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan, Swita Minarsih mengatakan, untuk program pasar murah pihaknya menyiapkan sebanyak seribu paket sembako dengan harga tebus murah yang bekerjasama dengan KCP Bulog Buntok. Dengan dilaksanakannya pasar murah ini, diharapkan bisa membantu masyarakat dalam menanggulangi inflasi di Barito Selatan.

Menurut dia, pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan pasar murah atau pasar penyeimbang ini secara rutin dalam beberapa minggu kedepan sampai dengan Desember 2022 mendatangkan. Sedangkan untuk pendanaannya sudah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Barito Selatan tahun anggaran 2022.

 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments