P. Raya

Cegah Karhutla,  Kapolda: Informasi Masyarakat Sangat Diperlukan 

PALANGKA RAYA – Mulai masuknya musim kemarau di Provinsi Kalimantan Tengah menjadikan antisipasi terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan semakin ditingkatkan. Selain menjadi tugas dan fungsi instansi terkait, peran penting masyarakat juga diperlukan untuk mencegah terjadinya karhutla. 

Salah satunya cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu aparat dalam mengantisipasi Karhutla adalah dengan segera menginformasikan jika melihat atau mengetahui terjadinya kebakaran hutan dan lahan di lingkungannya. 

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahaya karhutla dapat dicegah dengan bersama-sama menjaga. Baik dari aparat Polri, TNI, instansi terkait hingga masyarakat. 

Kesadaran terhadap bahaya karhutla harus terus ditumbuhkan agar tidak kembali terjadi aksi pembakaran hutan maupun lahan saat hendak membersihkan lahan untuk dimanfaatkan. 

“Selain segera menginformasikan jika ada karhutla agar tidak semakin meluas, masyarakat juga diharap bisa mengimbau kepada warga di lingkungannya terkait karhutla. Baik itu dari segi Kesehatan, ekosistem hingga pidana yang muncul,” katanya, Minggu (25/7/2021). 

Dedi menuturkan, masyarakat yang mengetahui adanya karhutla bisa segera melaporkan ke pihak kepolisian setempat maupun personel Bhabinkamtibmas yang ada di setiap desa maupun kelurahan. Informasi yang cepat dapat mencegah terjadinya kebakaran yang luas dan dampak yang dapat ditimbulkan. 

“Peran serta masyarakat sejauh ini memang sudah cukup bagus dengan segera berkoordinasi jika melihat suatu titik api. Kita sangat berterima kasih. Diharapkan masyarakat yang lainnya juga turut membantu, baik mengabarkan jika terjadi kebakaran ataupun mensosialisasikan ke masyarakat lainnya,” tuturnya.

 

(TribrataNews/Mela)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments