Kalteng

Damkar Kobar Evakuasi Sarang Tawon dari Tiang Travo PLN

PANGKALAN BUN - Petugas Damkar Kotawaringin Barat, berhasil mengevakuasi sebuah sarang tawon yang berada di lingkungan pintu masuk Dermaga Taman Nasional Tanjung Puting di Kecamatan Kumai. Proses evakuasi berlangsung dramatis karena tawon jenis vespa ini bersarang tepat di trafo aliran arus listrik tegangan tinggi. Sebelumnya tawon sempat menyerang kemudian menyengat seorang anak yang bermain di lingkungan ini.

Mendengar laporan warga melalui medsos, pada sabtu malam, jam 20.30 wib (29/1/2022) petugas Damkar bekerja sama dengan petugas PLN Kotawaringin Barat, langsung menuju lokasi sarang tawon yang sangat berbahaya untuk dilakukan evakuasi.

Sarang tawon vespa diperkirakan sudah terbentuk sejak tiga bulan sebelumnya. Hal ini terlihat dari ukuran yang sudah berdiameter 50 centimeter.

Proses evakuasi berlangsung dramatis, selain berada di trafo aliran listrik bertegangan tinggi, tawon masih terus menyerang meski kondisi malam hari. Petugas terpaksa menggunakan baju pelindung untuk mengantisipasi sengatan tawon.

Sebelum menyemprotkan cairan untuk mengusir tawon, petugas PLN terpaksa memutus beberapa jalur arus listrik karena membahayakan petugas Damkar yang sedang melakukan proses evakuasi. Sarang tawon berhasil dievakuasi satu jam kemudian sekitar pukul 21.30 wib.

Selesai proses evakuasi, petugas PLN menyambung kembali arus listrik yang sempat diputus selama proses evakuasi. Tawon berjenis vespa dikategorikan sebagai tawon berbahaya, efek sengatan tawon ini dapat menyebabkan lumpuh mendadak hingga meninggal dunia.

 

(Rudi Bintoro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments