Katingan

Deklarasi Damai Katingan: Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Harmonis

KATINGAN - Pendeklarasian damai  yang diselenggarakan oleh forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, pemuda, organisasi, dan partai politik di wilayah Penang Hinje Simpei, di apresiasi Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto.

Pada hari Kamis 07/09/2023 dihadapan awak media, Ia mengatakan, "Pemilihan legislatif dan presiden yang akan dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024 merupakan tahap awal. Sementara pemilihan bupati dan gubernur juga akan digelar pada November 2024, untuk itulah saya sangat mengapresiasi adanya pendeklarasian damai ini, " katanya lugas.

Menurutnya, sudah saatnya kita melibatkan masyarakat langsung, di pemilu mendatang, dan masyarakat dapat bertanggung jawabmenjaga perdamaian, keamanan, dan ketertiban. Yang tujuan akhirnya bisa mencegah terjadinya konflik perpecahan.

Ia menambahkan, "Tidak dapat kita pungkiri Katingan wilayah yang kaya akan perbedaan dan keanekaragaman, agama, suku, dan ras. Namun, sudah menjadi keharusan kita tetap mengedepankan rasa persatuan dan persaudaraan ditengah tengah perbedaan tersebut, bukan alasan bagi kita mengedepankan ego masing masing, tapi sudah seharusnya kita bisa sama sama menghargai perbedaan tersebut" tegasnya.

Yang utama dengan adanya deklarasi damai adalah wujud komitmen untuk mempertahankan kedewasaan politik. Karena dengan tonggak itulah demokrasi tetap berjalan sesuai prinsip kemerdekaan dalam berpartisipasi dalam pemilihan dan dipilih sebagai pemimpin kedepannya nanti, sikap dewasa dan toleran harus benar benar diutamakan dan dikedepankan.

Terakhir ia menegaskan "Tujuan Deklarasi damai, potensi konflik dan pelanggaran dalam proses pemilihan dapat diminimalkan. Tindakan pencegahan diperlukan sejak dini agar situasi yang tidak diinginkan dapat dihindari," pungkasnya.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments