Barut

Dikeluhkan Pengguna Jalan, Dishub Siap Beri Sanksi Pemilik Kendaraan Angkutan

MUARA TEWEH - Semenjak musim penghujan seperti sekarang beberapa ruas jalan di Kota Muara Teweh, sering dikeluhkan warga, terutama yang melintas dengan kendaraan bermotor.

Seperti halnya di Jalan H.Koyem dan jalan Lingkar ujung jembatan KH.Hasan Basri arah Banjarmasin, seringnya angkutan material seperti tanah dan pasir berceceran di Jalan dan bahkan juga air hujan bercampur tanah yang berada di tengah jalan raya.

Kondisi seperti ini kerap kali terjadi, bahkan bila tidak berhati hati pengguna jalan dengan menggunakan sepeda motor bisa terjatuh. Oleh karena dinas terkait mengadakan rapat guna membahas dan menjawab keluhan dari masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, Fery Kusmiadi, Rabu (12/1/2022) mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait, seperti BPBD, Dinas PUPR, kepolisian dan Pengusaha telah mengadakan rapat.

Rapat yang dimaksud adalah untuk menindaklanjuti adanya laporan dan keluhan masyarakat pengguna jalan, dimana jalan tersebut sering ditemukan material pasir maupun tanah bekas galian yang diangkut menggunakan truck.

Fery Kusmiadi menambhakan, dalam rapat telah disepakati bagi kendaraan angkutan barang umum yang masuk melewati jalan umum dalam kota wajib memberikan prioritas kepada pengguna jalan umum, terutama kendaraan roda dua atau roda empat atau lebih.

Selain itu, harus mentaati rambu rambu lalu lintas. Juga kendaraan harus bersih dari lumpur atau tanah liat yang melekat pada body dan roda. Kemudian pemilik kendaraan juga siap melakukan pembersihan bila masuk dalam kota Muara Teweh.

Selanjutnya tambah Fery Kusmiadi, bagi pelaku usaha yang kendaraannya merusak fasilitas keselamatan jalan, wajib bertanggungjawab terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang bersangkutan.

Jika terjadi pelanggaran sesuai kesepatan, maka yang bersangkutan siap menerima sanksi hukun sesuai undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

Kepala BPBD Barut, Gazali Mantalatua mengatakan, untuk pembersihan jalan memang selama ini pihaknya selalu dilibatkan. Bahkan spanduk himbawan juga telah dibuat dan berada dibeberapa ruas jalan.

"Kita sekarang ini hanya bersipat insidentil ikut terlibat dalam pembersihan. Dan kita selalu siap sesuai yang ditugaskan,"pungkasnya.

(Syarbaini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments