Barut

Dinas Pertanian Panen Bersama Karang Taruna Dan Warga Desa Liang Naga

MUARA  TEWEH - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Utara, melaksanakan panen bersama warga Desa Liang Naga Kecamatan Teweh Baru,Kamis (25/4/2024).

Adapun padi yang dipanen merupakan varietas talun setia dengan umur padi kurang lebih lima bulan di lahan warga Desa Liang Naga.

Panen perdana  padi varietas Talun Setia bersama warga juga  dari PT.Hamparan Mulia sebuah perusahaan yang berinvestasi di wilayah Teweh Baru dan juga Karang Taruna.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir.Sugeng mengatakan, panen bersama yang dilaksanakan warga Desa Liang Naga pada areal kurang lebih 10 hektar.

Sugeng juga berharap dengan panen ini bisa menghasilkan tiga ton perhektar. Dan lahan padi ladang belum dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, pada anggaran tahun depan akan dibuka luasan sekitar 50 hektar lagi.

Sugeng juga berharap dengan luasan yang ada diseluruh wilayah Barito Utara saat ini sudah mencapai 10 ribu hektar. "Kita perlu dukungan masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian.salah satunya adanya sarana pendukung seperti luasan lahan, keberadaan kelompok tani dan sarana penunjang lainnya.

"Kita perlu jalan usaha tani disetiap wilayah atau kelompok tani. Hal ini untuk meningkatkan hasil pertanian,"katanya.

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Barito Utara, Akhmad Gunadi Nadalsyah saat hadir dalam panen bersama sangat mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh warga Desa Liang Naga.

Menurut Agi apa yang dilaksanakan oleh dinas pertanian bersama warga kelompok tani merupakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Dan program ini tentu saja menjadi skala prioritas bila memimpin Barito Utara.

"Memang program ini sudah beberapa tahun dilaksanakan dan kedepannya akan dilaksanakan lebih baik lagi untuk kesejahteraan warga,"pungkasnya.

 

 

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments