Katingan

DPRD Katingan Usulkan Nama-nama Pj Bupati Katingan ke Kemendagri RI

KATINGAN - Sebanyak dua nama pejabat Eselon IIA sebagai kandidat Penjabat (Pj) Bupati Katingan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). Hal tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP.

Pransang SSos, yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan, dan Ir Sri Suwanto MS, yang saat ini menjabat Asisten III Bidang Administrasi Setda Provinsi Kalteng, merka adalah dua nama kandidat tersebut.

Ia mengatakan pada hari Selasa 08/08/2023, "Kami baru-baru ini mengajukan usulan langsung ke Kemendagri RI di Jakarta," katanya.

Nanang menjelaskan bahwa alasan di balik usulan ini adalah karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Katingan saat ini akan berakhir pada 24 September 2023 mendatang. Sementara itu, Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di seluruh Indonesia dijadwalkan pada tahun 2024.

"Jadi, akan ada periode tanpa kepala daerah yang terpilih untuk memimpin Kabupaten Katingan selama lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, kami mengusulkan dua pejabat daerah sebagai Pj Bupati kepada Kemendagri RI," jelasnya.

Nanang menegaskan bahwa kedua pejabat yang diusulkan tersebut adalah Pejabat Tinggi Pratama Eselon IIA dan pemilihan mereka adalah hasil dari kesepakatan yang dihasilkan dalam musyawarah beberapa fraksi di DPRD Kabupaten Katingan.

"Kami akan menghormati keputusan yang diambil oleh Kemendagri RI terkait penunjukan Pj Bupati Katingan, terlepas dari siapa yang akan dipilih," tambahnya.

Usulan ini merupakan langkah yang diambil untuk menjaga kelangsungan pemerintahan di Kabupaten Katingan selama periode transisi hingga pemilihan kepala daerah berikutnya.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments