P. Pisau

DPRD Pulpis Minta OPD Kreatif Gali Sumber PAD

PULANG PISAU – Anggota DPRD Pulang Pisau Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) Dwi Erlina meminta agar pemerintah daerah lebih kreatif dan mendorong kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang memiliki potensi untuk ditingkatkan.

"Pemerintah Daerah harus lebih kreatif dan mendorong kepala OPD untuk menggali sumber-sumber PAD yang memiliki potensi untuk ditingkatkan," kata Dwi Erlina.

Menurut Dwi Erlina, banyak sektor PAD yang berpotensi ditingkatkan, seperti objek pajak dan retribusi daerah. Namun untuk bisa melaksanakan pemungutan pajak dari berbagai sektor yang berpotensi diperlukan pembentukan perda-perda baru atau dilakukan peninjauan kembali perda yang ada terkait penerimaan objek pajak dan retribusi daerah.

“Pembentukan perda-perda baru untuk meningkatkan jenis-jenis objek pajak dan retribusi daerah atau peninjauan kembali perda-perda yang ada terkait tarif dan objek pajak dan retribusi sebagai upaya untuk memaksimalkan penerimaan sektor PAD,” kata Dwi Erlina.

Dwi Erlina juga mengharapkan agar Pemkab Pulang Pisau melalui OPD melakukan analisa terhadap realisasi penerimaan terhadap PAD yang tidak mencapai target atau realisasinya sangat rendah dan menjadi perhatian khusus.

“Khusus untuk pajak PBB dan BPHTB agar pemerintah daerah memperhatikan dan meningkatkan pengendalian intern terhadap kegiatan pemungutan pajak PBB agar uang pajak yang dipungut masuk daerah dengan utuh, mencari metode dan inovasi sehingga pembayaran pajak PBB dan BPHTB menjadi mudah, terjangkau dan murah biaya,” ungkap Dwi Erlina.

 

(Antang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments