P. Raya

Dua Kota Di Kalimantan Tengah Capai Inflasi 0,13 Persen

PALANGKA RAYA - Badan pusat statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rilisnya menyebutkan Pada Januari 2023 kalteng kembali alami inflasi. Hal itu dapat dilihat dari inflasi gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit yang mencapai 0,13 persen.

Berdasarkan data rilis yang disampaikan BPS melalui Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Akhmad Tantowi pada Rabu, 1 Februari 2023, Inflasi yang terjadi di dua kota acuan di Kalimantan tengah yaitu Palangka Raya dan Sampit terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,62 persen. Kemudian kelompok perawatan pribadi dan jasa 0,48 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,21 persen. Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,15 persen, serta kelompok kesehatan 0,08 persen.

Akhmad Tantowi juga mengatakan, inflasi tahun ke tahun dari Januari 2023 terhadap Januari 2022 yang terjadi di Palangka Raya dan sampit tercatat sebesar 5,81 persen. Hal itu di karenakan beberapa komoditas seperti rokok kretek filter, beras, daging babi, emas perhiasan yang mengalami kenaikan pada januari 2023.

Sementara itu Akhmad Tantowi juga mengatakan ada beberapa komoditas yang mengalami deflasi pada Januari 2023, diantaranya  bensin, kangkung, bahan bakar rumah tangga, ikan, dan beberapa jenis sayur lainnya.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments