Katingan

Dukcapil Target Data 1800 Pemilih Pemula

KATINGAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kejar target pendataan Pemilih Pemula sebanyak 1800.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Katingan Sukartie mengatakan, 2024 merupakan tahun pesta demokrasi dengan dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu), sehingga target  perekaman data yang dilakukan di 2023, sasarannya Pemilih Pemula sebanyak 1800.

“Jadi target kita tahun, lebih kepada pemilih pemula sebanyak 1800,” Ungkap Sukartie, Kadis Dukcapil Kabupaten Katingan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/02/2023).

Disebutkan Sukartie, untuk pemilih pemula, perekaman data mulai umur 16 tahun, pasalnya, tahun 2024, mereka sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak untuk ikut pada Pemilu 2024 baik Pemilihan Legislatif, Presiden termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami akan mendata anak-anak mulai umur 16 tahun, dan tentu sasaran ini lebih banyak kepada pelajar,” Katanya.

Sukartie berharap, peran orang tua termasuk sekolah, untuk mengajak anak-anak yang telah berusia 16 tahun untuk melakukan perekaman data.

“Disini peran orang tua, termasuk sekolah, sangat kami harapkan, dan khusus untuk pelajar, kami berencana untuk bekerjasama dengan pihak sekolah agar bisa lakukan perekaman data,” Tuturnya.

Dari 1800 target perekaman data, dijelaskan Sukartie, 80 persen merupakan pemilih pemula, sementara 20 persen, mereka yang  berusia 17 tahun ke atas, namun belum melakukan perekaman data. 

“Yang jelas, kami akan upayakan, agar target 1800, bisa di capai,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments