P. Raya

FGD Penyusunan Pengelolaan DAS Katingan

PALANGKA RAYA - Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan Das Dan Internalisasi RPDAS (Review Das Katingan) Tahun 2023 dilaksanakan di Aula Bappedalitbang, Jl. Diponegoro  Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Selasa(8/8/2023).

Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi  Kalteng Sri Widanarni, mewakili Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin dan sekaligus membuka kegiatan mengatakan atas nama pemerintah provinsi Kalteng menyambut baik terselenggaranya Forum Group Discussion (FGD) ini, diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan Dokumen Perencanaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terencana, terukur dan akuntabel.

Selain itu, Dokumen perencanaan DAS yang disusun ini dapat bermanfaat sebagai salah satu acuan, masukan, dan pertimbangan bagi rencana pembangunan sektor untuk menyusun program dan kegiatan lebih detil di wilayah DAS.

"Melalui dokumen rencana pengelolaan DAS yang disusun ini , saya minta dapat juga dirumuskan usulan usulan kebijakan urusan kehutanan dan lainnya yang dapat memberi kemajuan bagi pembangunan daerah Kateng,” Ucap Sri.

Oleh karena itu, pihaknya minta dalam FGD ini seluruh data/informasi terkait dapat dilengkapi dan valid. Sehingga dokumen perencanaan yang tersusun dapat menjadi acuan. Untuk keselarasan arah kebijakan pembangunan daerah. Baik dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi Kalteng, maupun pemerintah kabupaten, sesuai dengan RPJMD Provinsi Kateng Tahun 2021-2026 telah ditetapkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur  Kalteng yaitu Kalteng makin berkah (Bermartabat, elok, Religius, Kuat Amanah dan Harmonis.

Lebih lanjut Sri Widanarni menjelaskan, sehingga melalui kegiatan ini tidak terjadi musibah banjir seperti tahun yang lalu, DAS Di Kalteng maupun DAS   di Katingan. Salah satu upaya daerah bmelakukan upaya dalam rangka normalisasi daerah aliran sungai dan membuat program kedepannya agar sungai yang ada di Kalteng, khususnya sungai Katingan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Kegiatan di hadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Plt Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, Kepala Perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng, Kepala Bappedalitbang dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan atau yang mewakili, Kepala UPT KPHP Katingan Hulu dan Katingan hilir, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kahayan, Forum DAS Provinsi Kalteng, Balai Wilayah Sungai Kalteng II Palangka Raya.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments