Barsel

FIX !!!  Penyakit ISPA Menduduki Peringkat pertama di Barito Selatan

BUNTOK – Baru baru ini Mirwan Hadi selaku Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Barsel, mengeluarkan pernyataan dari hasil data yang ada dilapangan pada tahun 2022, Inspeksi Saluran Pernapasan Akut  atau ISPA peringkat satu dengan jumlah penderita sebanyak  9.288 yang tercatat.

Ia mengatakan, “ Saat ini dari hasil data yang ada dilapangan, Penyakit ISPA merupakan peringkat pertama  dari 10 penyakit yang dialami masyarakat pada tahun 2022 dengan jumlah 9.288 penderita,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kesepuluh penyakit terbanyak di Barsel sepanjang tahun 2022 lalu, selain ISPA Hipertensi atau tekanan darah tinggi 7.464 penderita. Kemudian Dispepsia, 3.259 penderita, Gastritis, 3.176 penderita, common cold atau flu, 2.830 penderita, diabetes mellitus, 2.094 penderita. Diare, 1.798 penderita, Urticaria, 1.156 penderita, Rematoid Artritis, 1.153 penderita dan Faringitis sebanyak  956 penderita.

Pemicu utama timbulnya penyakit tersebut diantaranya gaya hidup tidak sehat, kurang aktivitas fisik, diet tidak sehat, merokok dan sanitasi yang jelek.

Ia mengatakan, “ Saat ini berbagai usaha telah kita lakukan secara  promotif dan preventif untuk menangani 10 penyakit tertinggi tersebut secara cepat ,” katanya.

Misalanya dengan melakukan tindakan  promosi perilaku hidup bersih dan sehat, Germas, pengendalian masalah tembakau melalui penetapan kawasan tanpa rokok, pembentukan Posbindu penyakit tidak menular di desa. Serta, promosi kunjungan sehat ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Posyandu Lansia dan lainnya untuk bisa melakukan cek kesehatan secara berkala.

Tapi disini peranan masyarakatlah yang menjadi faktor penting. Ia mengatakan, “ Mualailah dari kesdaran diri sendiri, tanamkan dalam pikiran  kesehatan itu utama”, tutupnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments