Nasional

Ganjar Nongkrong Bareng Musisi Jalanan di Bulungan

JAKARTA - Puluhan musisi, seniman, dan budayawan Jabodetabek berkumpul di Kafe Wapres Jl Bulungan Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2023) malam. Mereka datang memenuhi undangan Ketua Kelompok Pemusik Jalanan yang juga seorang budayawan, Anto Baret.

Bukan tanpa alasan Anto Baret mengundang teman-temannya itu. Malam itu, Kafe Wapres yang selama ini menjadi markas mereka  kedatangan tamu istimewa, Capres 2024, Ganjar Pranowo.

Ganjar yang sedang beracara di Jakarta menyempatkan menjalin silaturahmi dengan Anto Baret dan para pemusik jalanan itu. Ganjar yang datang sekira pukul 20.30 WIB langsung disambut Anto Baret dan teman-teman seniman. Salah satunya penulis skenario Si Doel Anak Sekolahan, Harry Tjahjono.

"Selamat datang Pak Ganjar, inilah tempat nongkrong kami," sapa Anto Baret sambil cipika cipiki dengan Ganjar.

"Saya dulu sering nongkrong di sini mas, waktu tahun 90-an. Nongkrong dengar apresiasi seni dan itu ternyata masih eksis sampai sekarang," kata Ganjar.

Anto kemudian mengajak Ganjar masuk ke ruangan untuk ngobrol bersama. Ditemani makan malam gultik dan aneka jajanan pasar, Ganjar dan Anto serta puluhan pemusik jalanan begitu asyik ngobrol bersama.

Sejumlah persoalan dibahas dalam pertemuan itu. Mulai seni, musik hingga nasib anak jalanan yang ada di Indonesia. Obrolan begitu cair, dipenuhi canda dan tawa diiringi lagu dari para pemusik jalanan yang hadir di tempat itu.

"Ya alhamdulillah Mas Ganjar mau bersilatuhrami ke tempat kita, ya kita senang kalo kedatangan siapa saja apalagi Mas Ganjar. jadi mudah-mudahan sambang-sambung, sambang dulur sambung rasa," kata Anto Baret.

Anto mengatakan menitipkan beberapa pesan pada Ganjar. Salah satunya adalah tentang nasib anak jalanan agar mendapat perhatian pemerintah.

Usai acara, Anto Baret mengatakan bahwa sosok Ganjar merupakan pemimpin yang merakyat. Ganjar juga sosok pemimpin yang tegas dan tidak suka basa basi.

"Kesan yang pertama bertemu Mas Ganjar adalah merakyat. Tidak basa-basi, kita bisa merasakan itu. itulah yg paling penting, tidak basa-basi, jadi memang style-nya seperti itu. Ya kita menitipkan harapan mudah-mudahan kalau mas Ganjar jadi presiden, Indonesia akan lebih baik," pungkasnya.

Sementara itu, Ganjar mengatakan sangat senang bisa bersilaturahmi dengan Anto Baret dan para pemusik jalanan di Kafe Wapres. Menurutnya, tempat itu bukan hanya tempat nongkrong, tapi juga tempat belajar para anak jalanan.

Dalam diskusi, Anto Baret lanjut Ganjar memang menitipkan agar pemerintah memperhatikan hak dasar anak-anak yang hidup di jalanan.

"Tadi ada pesan sosial yang luar biasa dari mas Anto Baret. Anak pengamen jalanan itu tidak minta, itu tanggung jawab pemerintah mestinya dia sekolah. Nah ini menurut saya pesan paling penting."

"Jadi mereka bisa diajak ke tempat-tempat yang lebih bagus, mereka belajar atau dia bisa angkat talenta lewat tempat-tempat seperti ini," pungkasnya.


(Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments