P. Raya

Generasi Muda Comodo Mapala Gelar Ekspedisi Kahayan II Untuk Selamatkan Das

PALANGKA RAYA  - Para generasi muda dari kelompok pecinta alam comodo Mapala FEB UPR meluncurkan Ekspedisi Kahayan II pada minggu pagi, pukul 08.30 Wib di bawah jembatan kahayan, Kota Palangka Raya. Ekspedisi yang diprakarsai oleh para generasi muda comodo mapala ini bertujuan untuk mengatasi fenomena- lingkungan yang terjadi di sepanjang daerah Aliran Sungai (Das) Kahayan. 

Berbeda dengan ekspedisi sebelumnya, Ekspedisi Kahayan II kali ini menonjolkan kesadaran akan perlunya melindungi lingkungan. Para Mahasiswa Universitas Palangka Raya telah bekerja keras sejak Oktober 2022 bekerjasama dengan berbagai pihak. Selain melakukan eksplorasi alam, peserta ekspedisi juga melibatkan kegiatan sosialisasi lingkungan hidup kepada siswa-siswa sekolah dasar dan melakukan pemetaan daerah rawan bencana untuk memberikan informasi lebih baik bagi masyarakat setempat.

Vini Brigita Saragih, Ketua Umum Comodo Mapala Periode 2022-2024, mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keberhasilan Ekspedisi Kahayan II. Menurutnya, ekspedisi ini bukan hanya sekedar petualangan semata, tetapi juga bentuk nyata dari komitmen generasi muda dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Kegiatan ini juga mencatat momen bersejarah dengan rencana penanaman 1000 bibit mangrove di Sei Kiapak, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, pada tanggal 17 Agustus 2023. Penanaman mangrove ini dipilih sebagai simbol kontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dam-pak perubahan iklim.

Dr. Agustin Teras Narang, S.H., M.H. melepas peserta Ekspedisi Kahayan II secara resmi yang turut dihadiri oleh Anggota Comodo Mapala Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya, serta tamu undangan dari mahasiswa dan siswa pencinta alam di Kota Palangka Raya. Berbagai pihak dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya, Bosf Nyaru Menteng, Save Our Borneo, serta perwakilan pemerintah daerah kota palangka raya juga turut hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi atas inisiatif ini.

Ekspedisi Kahayan II memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkontribusi dan bertindak nyata dalam upaya menjaga alam dan lingkungan. Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk berperan aktif dalam melindungi kekayaan alam Indonesia.

(Hariri)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments