P. Raya

H. Edy Pratowo Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2022

Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Sabtu 14 Mei 2022.

Upacara Hardiknas tingkat Prov. Kalteng dipimpin secara langsung Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo. Pidato Mendikbudristek RI dalam Peringatan Hardiknas 2 Mei 2022 yang dibacakan oleh Wagub Kalteng mengatakan selama dua Tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan mungkin kita tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.

“Ditengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di Tahun ketiga ini telah mengarungi Pulau-Pulau di seluruh Indonesia”, tutur Wagub saat membacakan Pidato tertulis Mendikbudristek.

Lebih lanjut disampaikan, Kurikulum Meredeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

“Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan”, imbuhnya. H. Edy Pratowo juga mengatakan, anak-anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk “Menghukum” guru atau kurid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus mendorong untuk belajar, supaya Kepala Sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas Sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Usai menggelar Upacara Hardiknas, dilakukan penyerahan bantuan Dana Praktik Kerja Industri (Prakerin) untuk SMK Prov. Kalteng Tahun 2022 dengan total keseluruhan sebesar Rp. 637.524.300,-, masing-masing untuk SMK Negeri-1 Palangka Raya sebesar Rp. 26.790.850,-, untuk SMK Negeri-2 Palangka Raya sebesar Rp. 25.042.100,-, untuk SMK Negeri-3 Palangka Raya sebesar Rp. 23.783.000,-, untuk SMK Negeri-4 Palangka Raya sebesar Rp. 11.192.000,-, untuk SMK Negeri-5 Palangka Raya sebesar Rp. 1.748.750,-, untuk SMK Negeri-6 Palangka Raya sebesar Rp. 279.800,-, untuk SMK Negeri-7 Palangka Raya sebesar Rp. 3.427.550,-, dan untuk SMK Negeri-8 Palangka Raya sebesar Rp. 4.896.500,-. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kalteng kepada Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, selanjutnya akan disalurkan kepada SMK penerima bantuan.

Untuk diketahui, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman pada 2 Mei 1889 dan meninggal di Jogjakarta, 26 April 1959 pada usia 69 tahun. Itulah mengapa tanggal kelahiran beliau diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia.

Upacara Hardiknas dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi, Ketua IGI Kalteng, Ketua Ikatan Guru Indonesia Prov. Kalteng Aprianto, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Suriansyah Murhaini, Rektor Universitas PGRI Ana Suheri serta diikuti Perwakilan Pelajar SMA/SMK Kota Palangka Raya. 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments