P. Raya

H M Hasan Busyairi :  Peran Orang Tua Sangat Besar Mencegah Kasus Perundungan

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi pada Kamis 30 Maret 2023 mengatakan, untuk meminimalisasi terjadinya perundungan pada anak-anak, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban, ada banyak pihak yang bisa ikut terlibat. Salah satu elemen yang cukup penting di sini adalah orang tua

Sebagai orang tua imbuhnya, perlu memahami ciri-ciri dan juga gelagat anak yang terlibat dalam perundungan. Orang tua perlu waspada apabila menemukan anak dengan ciri-ciri seperti murung, gusar, mudah cemas, takut, enggan pergi ke sekolah bahkan sampai terdapat luka atau memar.

Orang tua perlu menekankan kepada anak bahwa ada risiko dan juga dampak-dampak negatif dari perundungan bagi korban maupun pelaku. Bagi korban, mereka dapat menjadi trauma, ketakutan, dan juga luka secara mental dan fisik.

Sedangkan untuk para pelaku perundungan dampaknya bisa semakin menjadi-jadi, lebih berani melakukan tindakan buruk, kriminal, dikeluarkan dari sekolah, hingga dihukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments