P. Raya

H. Sugianto Sabran Pimpin Rakor Penanganan Dampak Banjir di Kalteng

PALANGKA RAYA - Bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 1 November 2022, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memimpin langsung rapat koordinasi (rakor) penanganan dampak banjir di Kalteng.

Turut hadir Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, Ketua DPRD Wiyatno, Sekretaris Daerah H. Nuryakin, Kapolda Kalteng Nanang Avianto, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kajati Kalteng Pathor Rahman, Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, Plt. Kepala Kantor Perwakilan BI Magfur, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

Pemprov. Kalteng telah menyiapkan bantuan sembako untuk keluarga terdampak banjir sebanyak 100.000 paket, ditambah dengan beras premium sebanyak 128,59 ton untuk tahap awal. Sebanyak 40.000 paket didistribusikan oleh TNI Polri, 60.000 paket disalurkan perangkat Pemerintah Provinsi didukung organisasi kemasya-rakatan.  

Ditambahkan gubernur, selain itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menambah perahu karet untuk dukungan operasi evakuasi ke kabupaten/kota, menyediakan 1.000 selimut dewasa dan 1.000 selimut anak, memberikan dukungan layanan dapur umum.

"Kami terus bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten/kota dan pihak terkait untuk memastikan perbaikan sarana prasarana tersebut dapat segera diperbaiki sehingga dapat berfungsi dengan baik. Penanganan pasca banjir termasuk akibat gagal panen yang terjadi di beberapa wilayah juga terus kami tangani, bantuan beras akan diberikan tambahan pada wilayah-wilayah yang mengalami ancaman gagal panen sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan pangan," pungkasnya.

Dalam rangka mengoptimalkan penanganan bencana banjir, Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan status tanggap darurat, selama 21 hari, terhitung 17 Oktober sampai dengan November 2022.

Hal ini didasarkan jumlah kabupaten   yang   sudah   menetapkan   status   tanggap darurat bencana banjir sebanyak enam kabupaten  yaitu Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Katingan, dan Seruyan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sugianto Sabran menyerahkan secara simbolis bantuan untuk operasional penanganan bencana banjir di Provinsi Kalteng kepada Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg masing-masing satu milyar rupiah. Selain itu  juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis dana siap pakai sebesar 500 juta rupiah dari BNPB untuk Pemprov. Kalteng dalam penanganan banjir ini.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments