Barut

Insiden Tongkang TB Harlina 77 Kandas Di Perairan Bintang Ninggi

BARITO UTARA - Insiden kandas dan bocornya tongkang TB Harlina 77 Pengangkutan batu bara yang berlabuh di Jetty Bahtera Alam Tamiyang di perairan Desa Bintang Ninggi, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara,pada Sabtu 28/8/2021 telah dapat diatasi.

Kepala Dinas Perhubungan Barut, Ferry Kusmiadi, Rabu (1/9/2021) mengatakan, insiden pecahnya side board tongkang disebelah kiri haluan. pada saat pemuatan hampir final di Jetty Bima PT. BAT akibat tidak mampu menahan tekanan horizontal beban muatan batu bara.

Setelah terjadi insiden tersebut, kapten kapal mengambil tindakan untuk menggeser  atau menarik keluar Jetty ketempat yang lebih aman untuk perbaikan. akibat kerusakan ini diperkirakan sebagian muatan ada yang tumpah ke sungai Barito.

Dikatakan Ferry, posisi tongkang pada saat pengecekan dalam keadaan stabil dan mengapung serta tidak tenggelam seperti yang di informasikan ke dinas perhubungan. Langkah penanganan yang dilakukan dengan mengamankan kapal dan ditambat di pinggir alur  sungai Barito ketempat lebih aman dari lalu lintas sungai dan juga untuk di lakukan perbaikan.

Saat ini lanjut Ferry, tongkang sedang dilakukan pengelasan guna memperbaiki kebocoran. Hal ini sudah dilakukan pengecekan dan juga memberikan arahan agar aman tanpa menganggu pelayaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Begitu juga dengan adanya tumpahan batu bara hanya sedikit dan tidak menimbulkan dampak yang berarti bagi lingkungan sungai dan pelayaran.

Adapun pemilik hasil tambang yang berlabuh di PT. BAT adalah PT. Mega Multi Energi dengan kapten kapal Abraham Ramsyah. Sedangkan nama agen pelayaran adalah PT. Antara Mas Bahari.

 

(Mardedi /Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments