Kalteng

Jelang Idul Adha Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Harus Maksimal

Puruk Cahu – Anggota Komisi III DPRD Murung Raya, H. Fahriadi menuturkan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah merupakan momentum bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah kurban. Untuk itu pihaknya meminta petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban melalui instansi terkait bekerja secara maksimal untuk memastikan hewan yang akan dikonsumsi masyarakat bebas dari penyakit.

Hewan kurban seperti sapi, kambing dan sejenisnya harus menjadi perhatian, mengingat terjadinya peningkatan permintaan di pasaran hewan ternak untuk dijadikan kurban.

“Pemeriksaan kesehatan baik yang dilakukan secara jemput bola dari tim kesehatan hewan maupun dari permintaan peternak dapat mencegah adanya hewan yang tidak layak kurban,” ucap politikus Nasdem ini, Rabu (29/6/2022).

Hewan yang dinyatakan sehat dan layak kurban, akan diberi tanda khusus untuk memberikan jaminan dan kepastian bagi masyarakat tentang kesehatan hewan kurban tersebut. “Dari tim kesehatan hewan akan memberikan tanda kepada hewan yang sudah diperiksa, dan dinyatakan sehat dan layak,” lanjut H. Fahriadi.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak membeli hewan kurban yang tidak terjamin kesehatannya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments