P. Pisau

 Jelang Idul Adha Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Pulpis dinyatakan sehat

PULANG PISAU - Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, memastikan ketersediaan dan kesehatan hewan kurban untuk perayaan Idul Adha 1444 H/2023 M. Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ibrahim, menyatakan bahwa 294 ekor hewan kurban telah disiapkan untuk tiga kecamatan, yaitu Kahayan Hilir, Maliku, dan Pandih Batu.

Ibrahim menjelaskan bahwa hewan kurban memiliki berat 300-500 kilogram, dengan potensi hasil daging sekitar 60-80 kilogram per ekor. Meskipun pemeriksaan langsung oleh dokter hewan belum dilakukan, kondisi hewan kurban tampak sehat secara umum.

Pemeriksaan kesehatan hewan akan dilakukan oleh dokter hewan sebelum dan sesudah pemotongan di masing-masing kecamatan. Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di setiap kecamatan akan mengawasi pemeriksaan ini. Hewan kurban yang masuk ke wilayah harus memenuhi syarat seperti Surat Jalan Ternak, SKKH, dan hasil uji laboratorium.

Ia menekankan bahwa kesehatan hewan kurban terjamin dengan peningkatan persyaratan dan pemeriksaan. Selain itu, pihaknya telah melakukan pengawasan ketat terhadap hewan yang masuk dari luar daerah.

Dengan adanya langkah-langkah pengamanan dan peningkatan persyaratan, Dinas Pertanian Pulang Pisau berkomitmen untuk memastikan hewan kurban yang disediakan untuk perayaan Idul Adha aman, sehat, dan sesuai dengan standar kesehatan yang diperlukan.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments