P. Raya

Kejuaraan Gubernur Cup Lomba Seni Modern Dance Ethnic Kalteng

PALANGKA RAYA - Gubernur Cup "Festival dan Lomba Seni Kalteng 2024" berlangsung meriah pada pekan kedua Oktober,Kegiatan dilaksanakan  di Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu malam (12/10/2024). 

Kehadiran masyarakat Palangka Raya dan sekitarnya menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap acara yang berlangsung di bawah naungan Pemerintah Provinsi Kalteng, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Provinsi Kalteng dalam melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya daerah.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Rusita Murniasih mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng  Adiah Chandra Sari dalam sambutannya menyampaikan,  bahwa pada minggu sebelumnya telah diadakan Lomba Vokal Solo Lagu Daerah Kalteng  pada tanggal 4-5 Oktober 2024, disusul oleh Lomba Modern Dance Ethnic Kalteng yang dilaksanakan pada Sabtu malam.

Lebih lanjut Rusita mengatakan, juga berharap melalui ajang Lomba Modern Dance Ethnic Kalteng, semakin tumbuh rasa cinta terhadap kesenian daerah yang dibalut dengan sentuhan modern.

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana untuk mengenalkan dan mengapresiasi kekayaan budaya kita dengan cara yang kreatif dan relevan bagi generasi masa kini. Dengan demikian, kita dapat membangun jembatan antara tradisi dan inovasi, serta memupuk kebanggaan terhadap warisan budaya Kalimantan Tengah," Jelas Rusita.

Acara ini dimeriahkan dengan penampilan sembilan grup peserta Lomba Modern Dance Ethnic Kalteng yang bersaing memperebutkan gelar juara. Setelah melalui penilaian oleh Dewan Juri, AeBlack Dance Crew berhasil meraih Juara 1, disusul oleh Kahanjak Huang sebagai Juara 2, dan Bahalap Dance Camp di posisi Juara 3. Sementara itu, Betang Batarung Modern Dance memperoleh gelar Harapan 1, diikuti oleh Sanggar Hagatang Tarung sebagai Harapan 2, dan G-Cluster menempati posisi Harapan 3.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Adiah Chandra Sari menyampaikan, apresiasinya kepada para peserta yang telah menampilkan kemampuan seni tari yang memadukan unsur modern dan etnik. Ia juga mengapresiasi masyarakat yang turut hadir dan berpartisipasi dalam mendukung para pelaku seni.

Ia berharap, tetap tertib dan saling menjaga kebersihan selama acara berlangsung, tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, rangkaian acara Gubernur Cup masih akan berlanjut dengan Lomba Band Etnik Kalteng pada 18-19 Oktober 2024, serta Lomba Tari Kreasi Daerah Kalteng pada 25-26 Oktober 2024 mendatang. 
 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments