P. Raya

Kejuaraan Sepeda Dunia Di Ikuti 40 Negara dan Menjadi Tuan Rumah Kali Ke Tiga Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Pada Acara Pembukaan Union Cycliste Internazionale (UCI CYCLISTE INTERNATIONALE (UCI) Mountain (MTB) Eliminator Wordl Cup P 2024, Jalan Cilik Riwut, Palangka Raya, Minggu 19 Mei 2024, Gubernur Provinsin kalteng H. Sugianto Sabran saat di wawancarai mengatakan, Bagi seluruh masyarakat yang sungguh luar biasa  sangat antusias untuk menyaksikan  Kejuaraan sepeda bergengsi dunia kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah,”Kami mendapatkan kepercayaan kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Balap Sepeda Gunung UCI MTB Eliminator World Cup, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, yakni sejak tahun 2022, 2023, hingga tahun 2024 ini"Ucap Sugianto.

Penyelenggaraan UCI MTB tahun ini terasa semakin spesial lagi, karena bertepatan dengan momentum Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah, yang akan genap berusia 67 tahun pada tanggal 23 Mei 2024 mendatang.

“Untuk itu, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Kalteng tersebut, pelaksanaan UCI MTB Eliminator World Cup kali ini tiketnya digratiskan, sehingga masyarakat Kalteng dari semua kalangan dapat menonton langsung serunya Kejuaraan Balap Sepeda Kelas Dunia,"jelasnya.

UCI MTB Eliminator World Cup 2024 ini diikuti oleh sebanyak 40 pembalap sepeda top dari berbagai Negara di Asia, Amerika Latin dan didominasi dari Benua Eropa. Jadi, UCI MTB ini memang ajang balap sepeda gunung yang berkelas internasional.

Lebih lanjut Sugianto Sabran menambahkan, Kalteng Keberhasilan sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan UCI MTB 2022, 2023, dan 2024 di Kota Palangka Raya, jelas menggambarkan semangat dan kesanggupan Provinsi Kalteng untuk menggelar berbagai event tingkat nasional dan juga internasional.

“Melalui event-event bergengsi seperti UCI MTB Eliminator World Cup inilah, kita harapkan nama Bumi Tambun Bungai akan dapat semakin dikenal luas di mata internasional, sesuai dengan Tagline UCI MTB kali ini, yaitu “Dari Kalteng untuk Dunia,"tuturnya.

Kejuaraan Dunia UCI MTB ini menjadi sarana strategis untuk mempromosikan pariwisata Kalteng, baik seni budaya maupun destinasi wisata, dan sekaligus untuk menggerakkan perekonomian daerah, terutama UMKM lokal.

“Oleh karena itulah, kita juga menggelar lagi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) dengan lokasi berdekatan dengan arena UCI MTB, agar khususnya para atlet, pendamping, dan penonton dari mancanegara, nantinya dapat menikmati keunikan kesenian budaya dan kuliner tradisional khas Kalimantan Tengah,"ungkapnya.

Kepada para Riders, gubernur mengucapkan Selamat Bertanding, Semoga Meraih Prestasi Terbaik. Kemudian, kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah dan penonton yang hadir, Selamat Menyaksikan Suguhan Balap Sepeda Kelas Dunia. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng, saya tidak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia penyelenggara dan pihak-pihak terkait lainnya, yang telah bekerja keras menyukseskan penyelenggaraan UCI MTB 2024,"tutupnya.

Kejuaraan Dunia Sepeda  dihadirinoleh, CEO City Mountain Bike (MTB), Mister Kristoph Bruyneel,Ketua Umum ISSI Pusat atau yang mewakili, Danrem 102/Pjg Yang mewakili Kolonel Inf Ulysses Sondang S.IP., M.Hum, beserta Pejabat Utama Korem 102/Pjg, Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng, Anggota FORKOPIMDA Provinsi Kalteng, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng,Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng.


 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments