Nasional

Kemenkeu Dukung Pemberdayaan Program UMKM Nasional

“Program dukungan pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu bagi Nasional, merupakan salah satu upaya untuk memperkuat sinergi dan semangat kolaborasi antar unit di lingkungan Kemenkeu serta Kementerian dan lembaga lain. Jadi Kemenkeu Satu adalah sinergi bukan saja sinergi birokrasi antar unit eselon I tapi juga sinergi dengan Special Mission Vehicle, dengan Pemerintah Daerah, dengan Stakeholder, dengan asosiasi, dan dengan masyarakat,” jelas Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, Palembanga, Jumat, 18 Maret 2022.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional secara lebih komprehensif, sehingga permasalahan yang dialami oleh UMKM dapat diselesaikan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Program ini mengusung tema “Sinergi Dukungan Pemberdayaan UMKM Nasional melalui Satu Data, Satu Sistem Kerja untuk Kemenkeu Satu Kemenkeu Tepercaya”.

Kegiatan diselenggarakan di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN), Sumatera Selatan. Program ini didukung oleh seluruh Unit Eselon I/Non-Eselon, 8 Badan Layanan Umum, dan 5 Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan yang masing-masing memiliki program pemberdayaan UMKM dengan peran dan karakteristiknya yang disinergikan untuk memberikan dampak lebih optimal.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dalam sambutannya melihat bahwa konteks Kemenkeu Satu dalam membantu UMKM bisa melalui sisi perpajakan, bantuan ekspor yakni Authorized Economic Operator baik perusahaan besar maupun UMKM akan dibantu agar dapat melakukan ekspor dengan cepat. Selain itu, bantuan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mikro juga dilakukan dan melaksanakan kegiatan lelang UMKM bahkan ada juga keringanan utang bagi UMKM agar usaha yang dijalani bisa meningkat serta naik kelas.

Wamenkeu menyambut baik inisiatif implementasi program Kemenkeu Satu wilayah Sumatera Selatan sebagai piloting project dan juga langkah konkrit untuk dukungan Kemenkeu Satu bagi UMKM Nasional. Inisiatif ini telah mengambil satu langkah konkrit untuk menyebarkan semangat tersebut pada unit kerja Kemenkeu baik di wilayah Sumatera Selatan maupun secara Nasional, misalnya melalui layanan bersama untuk UMKM, publikasi bersama, Portal UMKM, dan lain-lain.

Langkah konkrit ini tentu dapat terus di perkuat dengan Program Kerja Sama (PKS) yang sudah di rintis oleh 4 Pemerintah Kabupaten/ Pemerintah Kota (Banyu Asin, Muara Enim, Lematang Ilir, dan Prabumulih), dan kedepannya diharapkan semakin banyak PKS antara pemerintah pusat dan daerah.


(humas Kemenkeu/Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments