P. Raya

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Minta Pemerintah Terbuka Terhadap Berbagai Informasi

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering meminta kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terutama instansi-instansi terkait untuk dapat terbuka terhadap berbagai informasi. Terlebih lagi kepada awak media dalam hal ini para wartawan atau jurnalis, jangan sampai ada yang ditutup tutupi, apalagi ketika ditanya mengenai informasi yang sedang hangat dibicarakan publik salah satunya yaitu terkait penyalahgunaan dana BOS.

"Akhir-akhir ini, setelah adanya informasi mengenai penyalahgunaan dana BOS, banyak laporan dari awak media terkait penolakan oleh sejumlah instansi terkait pada saat hendak dimintai keterangan atau di wawancarai," katanya, Rabu 3 Juli 2024.

Freddy menambahkan wartawan atau jurnalis tentu memiliki tugas dan fungsi mencari informasi sesuai fakta di lapangan dengan mengonfirmasi langsung kepada pihak-pihak terkait, hendaknya ada ketebukaan terhadap persoalan yang terjadi.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik sangat penting dan merupakan kunci untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengawasan pembangunan daerah, sebab dengan adanya keterbukaan itu dapat membangun kepercayaan publik.

Oleh karena itu, setiap instansi pemerintahan harusnya bisa memberikan penjelasan yang cukup serta memenuhi permintaan informasi dari media, jangan sampai kinerja dari wartawan atau jurnalis dihalang-halangi sehingga bisa membuat citra pemerintah buruk.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments