Nasional

Mengasuh Komunitas Jonggrang di era generasi Z

JOGJAKARTA  - Kaderisasi membuat komunitas tetap solid, kompak  dan para Pengurusnya selalu ingat akan amanah yang diemban. dan yang tak kalah pentingnya adalah mentransformasikan dan mengajarkan kembali seni budaya keroncong kepada generasi Z saat ini. Dimulai dari keluarga, demikian pesan yang di sampaikan Penasehat komunitas keroncong Jonggrang Jogjakrta saat merayakan kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023.

Mengkordinasikan komunikasi intenst dan mengembangkan forum komunikasi antar wilayah, menampung aspirasi berbagai hal termasuk pendidikan, pelatihan dan kaderisasi seni budaya keroncong, dan mensosialisasikannya melalui berbagai cara termasuk melalui off air, media konvensional dan media sosial. Tugas dan fungsi inilah diemban penasehat komunitas Jonggrang Jogjakarta agar tetap solid, kompak dan para Pengurusnya selalu ingat akan amanah yang diembannya .

Ikhsan yang ditemui di sela sela acara Jonggrang Merdeka, yang digelar di Ubud resto Prambanan Jogjakarta ini menambahkan, acara memperingati hari kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 ini sebagai salah satu upaya mempererat silaturahmi di antara pencinta keroncong. Kedepan rencananya akan mengelar event yang lebih besar lagi dan terbuka untuk masyarakt luas agar seni budaya keroncong tetap lestari dan tak hilang dari bumi, dan terus terpatri di hati keroncong budaya asli Indonesia.


(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments