Katingan

Miris 73 Desa Tidak Punya Kantor

KATINGAN --  Kabupaten Katingan yang terdiri dari 13 Kecamatan, 154 Desa dan 7 Kelurahan, ternyata ada 73 Desa yang tidak memiliki kantor sendiri. Dikatakan Pj Bupati Katingan, Indonesia telah memperingati Kemerdekaan ke 79 tahun dan Kabupaten Katingan telah 22 tahun, namun masih ada Desa yang belum memiliki kantor Desa sendiri, seperti di Kabupaten Katingan terdapat 73 desa yang kantornya masih pakai rumah warga.

“Cukup memprihatinkan juga, karena kita sudah 79 tahun merdeka, Katingan 22 tahun usianya, tapi masih ada Desa yang belum punya kantor,” Ungkap Pj Bupati Sutoyo, usai lantik Kades Tumbang Gaei di Pendopo Kantor Bupati. Selasa (01/10/2024).

Diakui Sutoyo, sekalipun Pemerintah Desa memiliki anggaran melalui Kementerian Desa, namun Dana Desa (DD) tidak diperuntukkan bagi pembangunan kantor Desa. Namun demikian, Sutoyo akan meminta petunjuk Kementerian terkait, untuk penggunaan DD bagi pembangun kantor Desa.

“Kita akan menyurati kementerian terkait,  untuk minta petunjuk soal pembangunan kantor desa,” Ujarnya. Salah satu cara yang diketahui yaitu menggunakan dana Pokir DPR dengan membangun komunikasi bersama anggota DPR terutama daerah pemilihan yang sama.

“Kita coba bangun komunikasi dengan anggota DPRD yang ada di Dapil yang sama,” Sebutnya. Selaku pemerintah Kabupaten, Sutoyo berupaya mencari solusi termasuk dengan perusahaan-perusahaan yang ada di desa-desa terdekat dan belum punya kantor. “Mungkin ini juga salah satu solusi yaitu kerjasama dengan PBS di sekitar,” Tandasnya.

 

 (NOVRYANTO)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments