P. Raya

Operasi katarak Mata Gratis Berjumlah 44 Orang Sesuai Hasil Tahapan Skrining.

PALANGKA RAYA   - Bakti Sosial Operasi Katarak Dalam Rangka Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan di Loby Gedung Admin RSUD dr. Doris Sylvanus, Jalan Tambun Bungai No 04, Palangka Raya Selasa (23/7/2024). 

Sambutan dan laporan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr. Suyuti Syamsul mengatakan, kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, tetapi kemampuan untuk mempercepat operasi karatak terbatas, sehingga Dinas Kesehatan mengambil inisiatif untuk membiayai beberapa kegiatan termasuk operasi katarak, dalam rangka mempercepat dan mengurangi angka kebutaan di Kalteng.

Lebih lanjut ia mengatakan,  jumlah peserta baksos katarak yang terdaftar sesuai domisili KTP tahun 2024, sebanyak 70 orang, dari Kabupaten Barito Selatan 5 (lima) orang, Barito Utara 7 (tujuh) orang, Katingan 25 orang, Lamandau 1 (satu) orang, Murung Raya 2 (dua) orang, Kota Palangka Raya 14 orang, Pulang Pisau 11 orang, Seruyan 4 (empat) orang, dan dari Karanganyar Jawa Tengah 1 (satu) orang.

Perkembangannya bertambah lagi menjadi 73 orang, namun pada saat dilakukan skrining, dari 70 orang yang terdata dan 56 orang yang datang, hanya 44 orang yang layak dilakukan operasi, dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena hasil laboratoriumnya terlalu tinggi

Pasien Operasi katarak mata ini juga sudah melalui tahapan tahapan skrining, seperti,tensi, Laboratorium,gula darah, dan Leukosit  sudah sesuai pemeriksaan dan dikerjakan para ahli dr.spesialis mata yang ada di RSUD dr. Doris Sylvanus.

Kegiatan ini sepenuhnya didanai oleh Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit dan dikerjakan oleh tenaga ahli yang tersedia di Doris Sylvanus, dengan tujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan indra penglihatan bagi masyarakat kurang mampu khususnya penderita katarak, sehingga bisa kembali bekerja dengan baik. Selain itu mengurangi kebutaan akibat katarak, menurunkan angka kebutaan, dan aksesibilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

Kegiatan dihadiri oleh, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr. Suyuti Syamsul, Plt. Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Ady Fraditha, Dokter spesialis mata Yudika Toemon, Karo Administrasi Pembangunan Ahmad Husain,  Kepala OPD terkait lingkup Provinsi Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments