Kotim

Pemkab Kotim Gelar Festival Budaya Habaring Hurung

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) kembali akan menggelar Festival Budaya Habaring Hurung tahun 2023. Hal itu salah merupakan satu upaya mempersiapkan diri untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Setelah dua tahun sempat tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, Festival Budaya Habaring Hurung tahun 2023 kembali akan digelar pada 7-11 Maret 2023. “Pada event tersebut nantinya akan memperlombakan berbagai cabang olahraga tradisional, seni dan budaya yang dulunya menjadi bagian keseharian masyarakat Suku Dayak setempat,” ujar Kepala Disbudpar Kotim Ellena Rosie, Senin 27 Februari 2023

Diantaranya, tari pesisir, manyipet, bagasing, balogo, lawang sakepeng, dayung tradisional, besei kambe, mangaruhi, malamang, mangenta, sepak sawut, karungut, panganan sukup simpan dan pemilihan putra putri pariwisata. 

 “Jenis perlombaan yang dipertandingkan pada event serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Dan juara masing-masing cabang lomba di Festival Budaya Habaring Hurung nantinya akan mewakili Kabupaten Kotim pada Festival Budaya Isen Mulang,” imbuhnya.

 Ia meminta kepada setiap kecamatan di Kotim untuk mempersiapkan peserta yang akan diikutsertakan. Dengan harapan bisa mewakili Kotim ke tingkat Provinsi Kalteng dalam Festival Budaya Isen Mulang. 

“Selain itu kami sebagai penyelenggara juga akan mempersiapkan dengan baik perwakilan Kotim yang benar-benar berbakat di setiap cabang lomba, dan Kotim bisa menjadi yang terbaik kedepannya,” harapnya.
 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments