P. Pisau

Pemkab Pulpis Dukung Agar Ritual Adat Mamapas Lewu Rutin Dilaksanakan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis), memberikan apresiasi atas pelaksanan acara Mamapas Lewu di Kelurahan Kalawa, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulpis, yang dilaksanakan pada, Kamis (11/11/2021). Pihaknya mengaku siap mendukung agar kegiatan Ritual Adat Dayak itu rutin dilaksanakan di Bumi Handep Hapakat 

Hal itu disampaikan Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta saat menghadiri kegiatan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau memberikan apresiasi kepada panitia atas terlaksananya ritual adat ini. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut setiap Tahunnya,” ucap Sekda Pulpis saat membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau.

Tony sapaan akrab Sekda Pulpis itu juga menjelaskan dalam bahasa Dayak Ngaju, Mamapas Lewu mengandung pengertian membersihkan wilayah atau daerah dari pengaruh-pengaruh atau perbuatan jahat atau buruk yang dilakukan oleh manusia atau roh jahat (Gaib) terhadap kehidupan.

Jika dimaknai pengertian diatas, lanjut Tony, maka yang bisa digarisbawahi yakni, keseimbangan, bahwa hubungan Tuhan dengan Manusia dan alam sekitar adalah hubungan yang selaras dan serasi agar tercipta kedamaian serta menghindari dari Marabahaya dan Marabencana.

“Refleksi dari itu semua, sebagai Makhluk yang diberikan akal dan kecerdasan dalam menjalaninkehiduoan di dunia, diadakan Ritual Mamapas Lewu,” kata Tony.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dapat melestarikan nilai-nilai religius yang melekat pada masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya masyarakat Kalawa supaya tidak punah dan tergerus oleh perubahan jaman dan kemajuan perkembangan teknologi dan informasi.

Selain mempertahankan budaya tetap terjaga, kata Tony, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang kunjungan wisatawan yang ingin menyaksikan keragaman adat dan budaya dan kearifan lokal masyarakat Kalawa yang berimbas pada roda perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kita berharap, acara Mamapas Lewu ini bisa menjadi ajang untuk merekatkan silaturahmi antar sesama warga dan perwujudan kerukunan antar umat beragama dan suku-suku yang ada di Kabupaten Pulang Pisau,” tutupnya.

Acara Mamapas Lewu itu, dilaksanakan di Balai Basarah Kelurahan Kalawa, ditandai pemukulan Gong oleh Sekda Pulpis Tony Harisinta.

(Antang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments