P. Raya

Pencanangan BIAN Di Perpanjang Hingga 29 Juli 2022.

Palangka Raya  - Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kaliman Tengah (Prov. Kalteng). dr. Suyuti Samsul mengatakan bahwa Propinsi Kalteng saat ini telah melakukan percepatan  pencanagan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN. Upaya ini untukmenggenjot cakupan Imiunisasi rutin anak yang sempat menurun selama Pandemi covid-19. Suyuti Samsul mengungkapkan bahwa BIAN telah dilaksanakan sejak bulan mei 2022 lalu. 

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)  rencana awalnya akan di laksanakan di bulan Mei-Juni. Di bulan itu harapannya Anak-Anak dibawah 12 (Dua Belas tahun) mendapat-kan vaksinasi khusuanya campak dan rubela. Imunisasi-Imunisasi tambahan akan di- berikan sehingga harapannya terbentuk kekebalan individu dan kekebalan komunitas pada Anak-Anak usia sekolah. Sehingga tidak mudah sakit-sakit ucap Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Tengah. Demikian dr.Suyuti Samsul menjelaskan saat menjadi Nara sumber pada dialog Interaktif RRI Palangka Raya Rabu 13 Juli 2022.

dr.Suyuti Samsul menambahkan bahwa penyakit rubela bisa menimbulkan cacat bagi anak yang masih di dalam kandungan dan hal itu dapat dicegah melalui imunisasi jelas dr. Suyuti Samsul.

Lebih lanjut dIjelaskan bahwa capaian imunisasi BIAN pada bulan Juni 2022 masih rendah sehingga BIAN di perpanjang sampai hingga 29.Juli 2022.

Sebagaimana diketahui angka rata-rata imunisasi nasional masih diangka 53 persen. Adapun Kalimantan Tengah sampai hari ini angka cakupan imunisasi rubela dan campak sudah 57 persen atau berada diurutan ke 6 se-Indonesia.

Untuk Kalimantan  Tengah sendiri terdapat 3 kabupaten yang sudah berada di atas rata-rata Propinsi, yaitu Barito Tinur Kotawaringin Barat dan Gunung Mas, sedangkan untuk kota Palangka Raya Sukamara dan Lamandau pencapaiannya masih rendah. 

(Era Suherti /Huma Betang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments