Nasional

Pencanangan Gemapatas, Bupati Sekadau Ajak Masyarakat Sukseskan Program PTSL

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron, menghadiri pencanangan gemapatas atau gerakan masyarakat pemasangan tanda batas tahun 2023 yang digelar di kantor desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Jumat, 4 Februari 2023.

Gemapatas merupakan program kementerian agraria tata ruang/badan pertanahan nasional (BPN) RI guna mempercepat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Bupati Sekadau, Aron, mengapresiasi program tersebut. Ia menilai program gemapatas ini memiliki arti penting dan bisa mengurangi konflik terkait kepemilikan tanah di masyarakat.

Menurutnya, gemapatas merupakan langkah yang baik untuk menggerakan serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang batas tanah. Hal ini penting untuk menjaga aset dan menghindari konflik kepemilikan tanah.

Pada kesempatan itu, Aron juga mengajak masyarakat untuk mendukung program ptsl. Ia mengingatkan masyarakat untuk memasang patok tanah. Menurutnya, dengan sistem yang ada saat ini masyarakat diberikan kemudahan.

Pemkab sekadau, kata Aron, juga mendukung program tersebut. Ia berharap ke depan kepemilikan tanah di sekadau semakin jelas. Selain itu, ia juga berharap tidak ada persoalan hukum yang terjadi di sekadau terkait kepemilikan tanah.

Untuk itu, ia menekankan pentingnya kejelasan terhadap batas tanah dengan memasang patok. Hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari terkait kepemilikan tanah.

Aron menambahkan, jika seluruh tanah sudah bersertifikat, maka nantinya ada kepastian hukum terhadap bidang tanah tersebut. Dengan adanya kepastian hukum, tentunya dapat meminimalisir terjadinya sengketa lahan.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments