P. Raya

Penutupan Pembekalan KKN Reguler Periode 1 UPR 2023

PALANGKA RAYA  - Kegiatan pembekalan KKN tersebut sepenuhnya dilaksanakan secara daring selama tiga hari mulai tanggal 12-14 juni 2023. Pembekalan kkn ini dibagi dalam beberapa sesi, hari pertama 7 sesi, hari kedua 6 sesi dan hari ketiga 1 sesi. Pembekalan yang dilaksanakan melalui zoom dan live streaming youtube tersebut diikuti sebanyak 1.999 mahasiswa yang akan mengikuti kkn dan juga sejumlah dosen pembimbing lapangan atau DPL. Berdasarkan Tema KKN yang diangkat pada periode ini, yakni "KKN Membangun Desa" panitia pelaksana menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten dibidangnya untuk menyampaikan materi pembekalan.

Pada saat ditemui awak media, Dr.Ir, Evi Veronica, M.S menjelaskan beberapa target yang harus dicapai oleh UPR tahun ini yakni Pembuatan pengembangan data base dan  website desa, rekomendasi untuk berkelanjutan program penguatan kelompok tani, tersusunnya potensi sosial budaya dan kearifan lokal, pengembangan wisata dan pengelolaan lingkungan, peningkatan ekonomi desa, tersusunnya SDGS desa dalam mendukung isu pembangunan desa, meningkatkan kualitas sanitasi, tersusunnya  preferensi stunting di desa, penguatan produksi dan pengembangan ketahanan pangan desa.

Ketua LPPM UPR tersebut juga menyebutkan lokasi penempatan mahasiswa kkn tahun ini terdiri dari empat kabupaten, yakni kabupaten Gunung Mas, kabupaten Katingan, kabupaten Kapuas dan kabupatrn Pulang Pisau. Pihaknya juga telah melakukan survei lokasi dan juga koordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait akomodasi dan dukungan pelaksanaan kkn periode ini. Salah satunya adalah pemerintah kabupaten Gunung Mas yang menggelontorkan dana 1 juta setiap desa. Hal tersebut disampaikan langsung oleh wakil bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing pada saat menyampaikan materi secara langsung kepada peserta KKN pada selasa kemarin. Dukungan dana tersebut sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa karena pada pelaksanaan KKN UPR tahun 2022 lalu di kabupaten Gunung Mas telah berhasil menekan angka stunting dari 37% turun menjadi 17%. Langkah berani pemda kabupatrn Gunung Mas ini sebagai bentuk harapan dan optimisme pemerintah daerah dalam upaya pencegahan stunting di daerahnya, dimana stunting sendiri merupakan program skala prioritas pemerintah kabuoaten Gunung Mas. Selain itu pemerintah daerah lain juga memfasilitasi mahasiswa terkait pemondokan atau tempat tinggal mahasiswa KKN nantinya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan kkn periode tahun ini, UPR meberikan jaminan BPJS kesehatan, tanggungan uang transport dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi mahasiswa yang dimulai pada tanggal 29 mei hingga 5 juni 2023 di Klinik Universitas Palangka Raya.

Sementar itu Wakil Ketua Panitia Pelaksana KKN Reguler Periode 1 UPR, DR. KIKI KRISTANTO S.H, M.H menguraikan hal-hal yang dibekalkan kepada mahasiswa yang akan mengikuti KKN.

Pada acara kegiatan penutupan ia mengingatkan kepada para mahaiswa dan DPL untuk mempersiapkan program bersama yang nanti akan dilakukan di desa, terutama mendukung program desa setempat, dan mengaharapkan adanya transfer pengetahuann yang bisa dilakukan. Sementara jadwal keberangkatan masih menunggu informasi selanjutnya, hal ini dikarenakan menunggu pencairan dana dari Kementrian Keuangan.

(Oliwamati)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments