Kalteng

Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat di Kabupaten Gunung Mas

KUALA KURUN - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong meresmikan secara simbolis lumbung pangan masyarakat (LPM) di Desa Tumbang Kuayan, Kecamatan Rungan Barat, Jumat 14 Januari 2022 lalu.

Acara peresmian yang dipusatkan di Desa Tumbang Kuayan Kecamatan Rungan Barat ini diresmikan oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong. Kabupaten Gunung Mas mendapat bantuan lumbung pangan masyarakat sebanyak 5 unit dengan anggaran dana per unitnya Rp. 332.528.000 pada Tahun Anggaran 2021 dari dana DAK Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

"Tahun ini kita dapat dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang ketahanan pangan untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat di daerah rentan rawan pangan sebanyak 5 buah," ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Hansli Gonak menjelaskan lokasi pembangunan LPM ini berada di daerah rentan rawan pangan sesuai data prioritas nasional dari Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) atau peta ketahanan dan kerentanan pangan Kabupaten Gunung Mas.

Hansli berharap dengan adanya lumbung pangan yang memiliki kapasitas 30-60 ton ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dengan menjadi usaha ekonomi produktif untuk memantapkan penyediaan pangan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan kelompok.

"Semoga pembangunan lumbung pangan ini benar-benar membawa manfaat dan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar sehingga terwujud ketahanan pangan masyarakat," tukasnya.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments