P. Pisau

Pergantian Pengurus DKR Maliku di Taman Wisata Hutan Mangrove

PULANG PISAU - Untuk melaksanakan Program Kerja Dewan Kerja Ranting (DKR) Maliku sejumlah anggota Pramuka DKR Maliku Kabupaten Pulang Pisau  melaksanakan program yang telah direncanakan yakni berwisata di Hutan Mangrove Desa Kiapak, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang pisau, sekaligus pergantian Pengurus Dewan Kerja Ranting Maliku Masa Bakti 2022-2023.

“Kegiatan hari ini, adalah pergantian kepengurusan Dewan kerja ranting (DKR) Kecamatan Maliku, sekaligus memperkenalkan ke adik-adik Pramuka kepada alam di wilayah Kabupaten Pulang Pisau,” kata pembimbing kegiatan Abror kepada media.

Ia menyebut, program kerja tersebut dilaksanakan karena tekad dan kegigihan para anggota Pramuka dalam merencanakan pergantian pengurus sekaligus mencari suasana baru yaitu di Desa Wisata Hutan Mangrove Si Mangki.

“Sebetulnya sudah terencana untuk kegiatan ini di luar kabupaten yaitu di Kalimantan Selatan, namun karena ada lonjakan Covid-19 yang tidak mungkin dipaksakan untuk berangkat,” jelasnya lagi. 

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Ketua Dewan kerja ranting (DKR) Maliku yang baru yaitu Annisa Nur Purnamasari (SMAN-2 Maliku).  
Masih dalam kesempatan yang sama,  Annisa Nur Purnamasari mengatakan, pihaknya selaku pengurus baru sangat berterimakasih kepada dewan pembina dan kepada pengurus yang dulu. 

“Berkat bimbingan dari mereka, kami bisa melaksanakan kegiatan berkemah di wisata desa Kiapak ini. Semoga kami mampu untuk mengemban tugas ini dengan baik,” harapnya.

Kegiatan tersebut juga didampingi oleh Ketua Kwartir Ranting Kahayan Kuala Yaitu Kak Sarwani dari keberangkatan, kegiatan, penjelajahan, ibadah sampai kembali ke kota kecamatan Pada saat malam hari Kak Sarwani berbagi ilmu kepada adik-adik DKR guna masa depan yang lebih baik. Ini sesuai dengan petikan kalimat Ki Hajar Dewantara yaitu Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri Handayani.

Sementara itu Pembina Pramuka SMPN Satu Atap Kak Witono dan Pembina Pramuka SDN Kiapak Kak Rudi turut mendampingi hingga di penghujung kegiatan yaitu penjelajahan Hutan Mangrove.

“Selama menjelajahi hutan, banyak halang rintang yang didapati, banyak juga satwa liar selama perjalanan, ada bekantan, kera, wirangan, burung-burung yang indah dengan suara merdunya dan lain-lain, hingga adik-adik merasa terhibur dan senang dengan perjalanan ini,” jelasnya. Ia juga menyebut pemuda-pemudi Desa Kiapak sangat ramah dan mau mengikuti kegiatan dengan antusias.

“Mereka sangat senang sekali atas kehadiran kami Pramuka DKR Maliku, adik-adik juga merasa senang atas keramahan mereka,” tandasnya.

(Sadiyo/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments