Barut

PIS Salurkan Dana CSR-PPM Rp. 404,5 Juta Untuk Tiga Desa

MUARA TEWEH - Sebagai wujud kepedulian dan komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat sekitar wilayah operasi, PT. Permata Indah Sinergi (PT.PIS) melaksanakan serah terima bantuan dana Corporate Social Responsibility.

Dana yang diserahkan untuk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (CSR-PPM) Tahun 2021, kepada  masyarakat Desa  Benao Hulu, Desa Benao Hilir, dan Desa Teluk Malewai, Kecamatan Lahei Barat, di aula kantor Selasa (16/11/2021).

Dalam pelaksanaan serah terima Desa ring I  tersebut, perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara ini mengundang unsur muspika Lahei Barat, Kepala Desa dan BPD, Lembaga Adat, Kepala Sekolah dan Guru, serta siswa berprestasi perwakilan dari masing-masing sekolah.

Project Manager PT. PIS, Yulianus Rombe  melalui External Relations, Budi Baik Siregar mengatakan, total dana CSR-PPM yang diserahterimakan sebesar Rp. 404.500.000, diantaranya Desa Benao Hulu Rp. 135.000.000, Desa Benao Hilir  Rp. 135.000.000, dan Desa Teluk Malewai Rp. 134.500.000.

Untuk Desa Benao Hulu anggaran yang diserahkan untuk  Beasiswa Siswa Berprestasi,Pengadaan AC dan karpet Masjid, Pengadaan Kendaraan Roda Tiga.

Kemudian  Desa Benao Hilir, Beasiswa Siswa Berprestasi, Pengadaan Tanah untuk Kantor BPD, dan Pengadaan Tanah untuk  TPS, serta untuk rehab WC MIS Muhammadiyah.

Selanjutnya kata dia, untuk Desa Teluk Malewai, juga Beasiswa Siswa Berprestasi,Seperangkat Sound System dan Pengadaan Tanah Desa.

Menurutnya, Alokasi dana terbesar  dari dana CSR PT. Permata Indah Sinergi Tahun 2021 ini adalah Beasiswa untuk Siswa Berprestasi, yaitu sebesar Rp. 128 juta atau 32 persen. Beasiswa ini diberikan kepada 128 orang siswa SD, MIS, SMP, dan SMA dari tiga desa atau  masing-masing siswa Rp 1 juta  dalam bentuk tabungan.

Dalam realisasinya, program CSR-PPM Beasiswa PISPeduli ini, PT. PIS bekerjasama dengan Kantor Cabang Pembantu PT. Bank Mandiri Tbk. Muara Teweh.  

"Dengan memiliki Buku Tabunganku, para siswa diperkenalkan dengan dunia perbankan sejak dini, sehingga kelak dapat meraih manfaat  dari  produk-produk layanan perbankan,  terutama  giat menabung di Bank," katanya.  

Tak kalah penting dari itu lanjut Budi, dengan  bantuan Beasiswa PISPeduli, para siswa diharapkan akan lebih terpacu lagi  meraih prestasi  di sekolah.  

Dipaparkannya, Keseluruhan program  masyarakat desa yang didanai CSR-PPM PT. PIS Tahun 2021 telah diselaraskan dengan program-program APBDes melalui Musrenbangdes yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2021. 

"Pada prinsipnya, program ini  saling melengkapi dengan program pemerintah yang tertuang dalam APBDes. Dana ini jugq mengisi sebagian kecil kekosongan program yang tidak dapat didanai oleh  pemerintah, baik  pusat maupun daerah,"katanya.

Selama kegiatan, PT. PIS Peduli Membangun Manusia Muda Barito Utara.  Program CSR-PPM berupa Beasiswa PISPeduli tahun 2021 ini akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk menyusun formula program yang lebih tepat tahun berikutnya.

"Beasiswa PIS Peduli niscaya dapat dilaksanakan secara  konsisten,  selaras  dengan komitmen kita untuk  ambil bagian dalam membangun manusia muda, khususnya di desa-desa terdekat,"urainya.

Sementara Kepala Desa Benao Hilir, Rahim sangat mengapresiasi atas kepedulian perusabahan  yang telah menyalurkan bantuan dari program CSR-PPM.

"Semoga bantuan yang telah disalurkan bermanfaat dan berkah untuk kita semua. Terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan dan  manajemen PT.Permata Indah Sinergi," ucapnya.

Sementara, Kepsek SMAN 1 Lahei Barat, Ngateno menyambut baik program beasiswa bagi siswa berprestasi di Sekolahnya, dan berharap hal ini bisa berlanjut.

"Saya sangat mendukung sekali program seperti ini, bahwa siswa kami mendapat bantuan beasiswa. Mudah-mudahan bantuan itu tidak hanya tahun ini, dan bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya,"katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepsek SDN 1 Benao Hulu, Wiwiwera yang juga berharap program beasiswa PISPeduli bisa berlanjut. Selain itu Ia juga berharap agar persahaan bisa membuat kriteria tertulis terkait siswa-siswi yang mendapat beasiswa agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dikalangan orang tua murid.

 

(Syarbaini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments