Barut

Pj Bupati Barito Utara Buka Pemusatan Diklat Calon Paskibraka Tahun 2024

MUARA TEWEH – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Eveready Noor membuka secara resmi pemusatan pendidikan dan pelatihan calon pasukan pengibar bendera pusaka tahun 2024, di Rumah Betang Muara Teweh, Senin (5/8/2024).

Pj Bupati Drs Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Sekda Eveready Noor mengatakan bahwa Paskibraka bukan sekadar sebuah organisasi atau kelompok, melainkan sebuah simbol perjuangan dan pengabdian. 

“Melalui pelatihan ini, adik-adik akan dilatih untuk menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan siap menghadapi berbagai tantangan. Dan ini juga merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi adik-adik sekalian, sekolah, dan juga bagi orang tua,” kata Pj Bupati Muhlis melalui Eveready Noor.

Dimana kata dia kalian merupakan putra-putri terbaik Barito Utara yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang telah dilalui. “Sehingga pada hari ini akan mulai dididik dan dilatih sebagai calon Paskibraka untuk mengemban tanggung jawab besar pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 pada tanggal 17 Agustus 2024 yang akan datang,” kata dia.

Lebih lanjut Evew panggilan akrabnya, siswa dan siswi yang mampu tampil melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa adalah generasi muda yang cerdas, terampil, berbudi pekerti yang luhur, memiliki ilmu pengetahuan yang luas, sehat rohani dan jasmaninya, beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha kuasa, rukun satu sama lainnya serta memiliki semangat untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kesemuanya itu kata dia tentunya harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat dan kerja keras yang tinggi serta keuletan dan ketekunan dari para siswa dan siswi itu sendiri. 

“Hanya ditangan orang-orang yang cerdas, bersemangat dan berdedikasi yang tinggi yang dapat membawa perjalanan bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik, aman, damai dan rakyatnya yang sejahtera lahir dan batin,” imbuhnya. 

Dimana ia menambahkan para pendahulu kita telah meletakkan pilar-pilar kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menjadi penopang sumber bagi pembangunan dan kemajuan bangsa melalui nilai-nilai pancasila dan dasar negara kita.

“Kami berharap bahwa setiap kegiatan yang akan dilalui selama pelatihan ini dapat memberikan bekal yang bermanfaat dan membentuk karakter adik-adik menjadi pribadi yang unggul dan berintegritas,” kata dia lagi. 

Ia juga menjelaskan bahwa calon anggota Paskibraka yang terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi. 

Selain menjalankan tugas-tugas yang ada, manfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri kalian secara pribadi dan profesional. Pelatihan ini adalah momen yang sangat berharga untuk belajar, bertumbuh, dan mengasah keterampilan yang akan berguna di masa depan,” kata Eveready Noor.

Dirinya juga mengingatkan bahwa Paskibraka adalah simbol kecintaan terhadap tanah air dan semangat nasionalisme. Jagalah semangat kebangsaan kalian dan tunjukkan kecintaan yang mendalam terhadap negara kita dalam setiap tindakan dan perilaku.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat para peserta didik yang berasal dari SMA, MA, dan SMK di Kabupaten Barito Utara yang telah terpilih menjadi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun. Ikuti kegiatan ini secara serius, siapkan mental dan fisik kalian serta jaga kesehatan selama kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan Kabupaten Barito Utara tahun 2024 ini berlangsung,” pungkasnya.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments