P. Pisau

Polsek Jabiren Raya, Pemerintahan Desa Henda & Relawan Bantu Evakuasi Rumah Kebakaran

Pulang Pisau - Gotong royong menjadi satu pedoman Pihak Polsek Jabiren Raya, Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, bersama masyarakat Desa Henda, dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya menangani pandemi Covid-19, gotong-royong juga dipraktekkan ketika ada salah satu warga yang terkena musibah, Kemarin.

Salah satunya, ketika musibah kebakaran menimpa rumah milik Bapak Essau Agan, warga RT 01, Desa Henda, terbakar, 08.00 Wib Pagi tadi. Kebakaran diakibatkan karena ada hubungan arus pendek listrik.

Sejumlah warga dan relawan penanganan bencana, bergotong-royong melakukan evakuasi dan normalisasi material bangunan. Mereka terdiri dari warga kampung, Polisi dan Pemerintahan Desa Henda.

Kapolres Pulang Pisau AKBP. Kurniawan Hartono, S.I.K., melalui Kapolsek Jabiren Raya Ipda Gendee, S.H., MA., mengatakan warga setempat masih mengandalkan gotong-royong sebagai strategi mitigasi dan penanganan bencana. Kendati di tengah pandemi Covid-19, gotong-royong membantu korban kebakaran masih ditunjukkan warga dengan ikhlas dan penuh semangat.

“Penanganan kebakaran di Gelangan ini berjalan baik karena partisipasi masyarakat melalui gotong-royong dapat membantu mengurangi beban korban. Tidak hanya itu, warga juga banyak yang memberi bantuan logistik, baik kepada para penyintas Covid-19 maupun korban bencana lain,” kata kapolsek.

Ia menilai, Desa Henda, juga mencerminkan budaya tradisional gotong-royong. Selain upaya pencegahan penyebaran Covid-19, warga tetap konsisten menunjukkan aksi kemanusiaan terhadap bencana lainnya.

“Saya juga memberi apresiasi kepada pihak Relawan dari Masyarakat setempat yang bersama-sama membantu korban kebakaran di rumah Bapak Essau Agan ini,” ujarnya.

Kapolsek menuturkan, Desa Henda berperan efektif di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro ini. Di wilayahnya, masyarakat sebenarnya sudah menerapkan PPKM mikro, tingkat RT sejak awal pandemi Covid-19 setahun yang lalu.

“Penguatan penanganan Covid-19 di kampung-kampung di Gelangan sudah ada sejak awal pandemi, seperti mendirikan Posko Covid-19, pengawasan tamu dari luar, penyemprotan disinfektan, dan lain sebagainya,” tutup Kapolsek.

 

 

(Dewi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments