Barut

PT. MAJU Diharapkan Berkontribusi Bagi Warga Sekitar

Ket foto: Bupati Nadalsyah saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit PT.Maju di Desa Bintang Ninggi,Kecamatan Teweh Selatan, Senin (11/9/2023)

MUARA TEWEH -  Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit PT. Muara Teweh Agro Jaya Utama (Maju) di Desa Bintang Ninggi, Kecamatan Teweh Selatan, Senin (11/9/2023). Peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengeloahan kelapa sawit tersebut dilakukan oleh Bupati Barito Utara, H.Nadalsyah beserta wakil, dan juga ketua DPRD, Hj. Mery Rukaini serta direksi dan pimpinan perusahaan.

Bupati H.Nadalsyah mengarakan, pembangunan pabrik pengelohan kelapa sawit di Desa Bintang Ninggi, telah dilaksanakan. Harapan kedepan dengan berdirinya pabrik dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Nadalsyah menegaskan, selama ini petani sawit hanya bisa menjual hasil kebun pada pabrik yang ada di Barito Utara, sementara harga diatur oleh perusahaan atau pabrik, sehingga harga tidak bisa naik. Tapi dengan adanya pabrik ini dapat menyeimbangkan harga buah sawit.

" Sebelumnya harga sawit perusahaan dapat menekan harga, tapi dengan adanya pabrik ini nanti,diharapkan harga dapat seimbang,"kata Nadalsyah.

Nadalsyah juga meminta agar pihak managemen merekrut tenaga kerja lokal,khususnya Desa Bintang Ninggi I dan II, sesuai dengan skilnya.

"Saya titikan pesan ini kepada managemen agar dapat mempekerjakan warga sekitar, agar masyarakat sekitar lebih sejahtera," katanya.

Direktur Utama PT.MAJU Nurman Muliadi mengatakan, pembangunan pabrik kelapa sawit ini dengan luas lahan sekitar 50 hektar. 

Selain ini pembangunannya juga hanya beberapa ratus meter dari sungai Barito. Hal ini tidak lain guna memudahkan pengangkutan melalui sungai. Perusahaan yang telah dibangun melalui Damai Gruop ada lima, selain di Barito Utara, Kalimantan Tengah, juga di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

 

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments